google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Pelajaran IPS Bab Diakronis dan sinkronis dalam sejarah

 


Diakronis dan sinkronis dalam sejarah 

Ilmu sejarah merupakan diakronis yang menjelaskan berbagai peristiwa dalam masa lalu dalam rentang waktu yang panjang .sebagai ilmu diakronis maka pelajaran sejarah lebih mengarah pada proses dan dinamika sebuah peristiwa dimasa lampau berdasarkan perkembangan.perubahan kesinambungan dan pengulangan .

Ilmu sejarah lebih mengarah bersifat diakronis sedangkan ilmu sosal lainnya cenderung pada ilmu sinkronis 

Pendekatan diakronis membantu peneliti sejarah berpikir secara kronologis, di mana mereka bisa mengurutkan kembali suatu peristiwa berdasarkan urutan waktunya. Sedangkan pendekatan sinkronis hanya mengandalkan pemilikiran yang luas dalam aspek ruang, tetapi terbatas dalam waktu.

Pendekatan sinkronis hanya menganalisis kondisi dari sebuah kejadian, dan tidak berupaya membuat kesimpulan terkait siituasi serta perkembangan peristiwanya. Kesimpulannya, perbedaan antara pendekatan diakronis dan pendekatan sinkronis adalah: Pendekatan diakronis menekankan pada aspek waktu. Sementara sinkronis tidak terlalu berfokus pada waktu. Pendekatan diakronis membantu peneliti sejarah berpikir secara kronologis. Sedangkan sinkronis hanya mengandalkan cara berpikir yang luas dalam aspek ruang.

Contoh pembahasan konsep sejarah sinkronik adalah kajian Denys Lombard mengenai karya sastra di Aceh di zaman Sultan Iskandar Muda dari rentang 1607-1636. Kajian sinkronik itu tertuang dalam buku Kerajaan Aceh: Jaman Sultan Iskandar Muda (1991) terbitan Balai Pustaka. Dalam satu bab bukunya, Denys Lombard hanya membahas mengenai karya-karya sastra, karakter karya tersebut, serta tidak membandingkannya dengan karya sastra di masa yang lain. Kajiannya mendalam dan sistematis dalam rentang waktu pendek, yaitu di masa Sultan Iskandar Muda saja. Perbedaan konsep sinkronik dari konsep diakronik adalah kedalaman bahasannya. Cara berpikir sinkronik mengkaji suatu peristiwa dari berbagai aspek secara spesifik, sementara itu konsep diakronik hanya memandang banyak kejadian secara luas. Kelemahan dari konsep sinkronik adalah kajiannya dilakukan hanya pada peristiwa spesifik dalam rentang waktu terbatas. Sedangkan kelemahan konsep diakronik adalah kedangkalannya memandang banyak peristiwa, tanpa mengkaji kejadian-kejadian sejarah itu secara mendalam.


No comments:

Post a Comment