google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

SUMBER DAYA ALAM

SUMBER DAYA ALAM


Sumber daya alam merupakan segala sesuatu yang berasal dari bumi dan dapat dimanfaatkan serta diambil untuk memenuhi kebutuhan hidup

Sumber daya alam dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Makhluk hidup terdiri atas manusia, hewan, dan tumbuhan.

Sumber daya alam terdiri dari hewan, tumbuhan, air, tanah, udara, cahaya matahari, minyak bumi, batu bara, dan barang tambang.

Sumber daya alam terbagi dua yaitu sumber daya alam hayati dan sumber daya alam non hayati. Sumber daya alam hayati disebut juga sumber daya alam biotik yaitu semua yang terdapat di alam (kekayaan alam) berupa makhluk hidup. Sedangkan sumber daya alam non hayati atau sumber daya alam abiotik adalah semua kekayaan alam yang dapat dimanfaatkan oleh manusia berupa benda mati.

Sumber daya alam yang dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang tidak akan habis dan

tersedia sepanjang masa. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang ketersediaannya

terbatas.

Sumber daya alam dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan, bahan sandang, peralatan rumah tangga, produk kesehatan, bahan bangunan, dan bahan bakar.

Sumber daya alam ada yang bisa langsung digunakan dan ada yang harus diolah dahulu. Kertas berasal dari serat kayu. Untuk membuat kertas, potongan kayu dibuat menjadi bubur kayu dan digilas menjadi kertas. Tempe terbuat dari kacang kedelai yang dicampur dengan ragi.

Penebangan kayu di hutan harus disertai dengan penanaman kembali. Pengambilan barang tambang sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan.


Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Sumber daya alam harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Dengan demikian, sumber daya alam tersebut dapat terus kita nikmati.

Sumber daya alam yang ada di Indonesia bermanfaat untuk pemenuhan hidup masyarakat. Pemanfaatan sumber daya alam antara kota dan desa

berbeda-beda. Pada daerah perkotaan sumber daya alam diolah secara modern. Lain halnya dengan daerah pedesaan yang masih tradisional.

Selain itu, kebutuhan sumber daya alam di perkotaan lebih besar dibandingkan di pedesaan. Namun, sumber daya alam yang dimanfaatkan tersebut digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

manusia yang paling banyak memanfaatkan sumber daya alam. Kemiskinan akan terjadi. Mungkin pula akan timbul kelaparan. Supaya tidak lekas habis, perlu upaya pelestarian.

Kekayaan alam harus dilestarikan agar dapat dimanfaatkan terus-menerus. Untuk itu, manusia wajib selalu berusaha melestarikan alam.

Cara melestarikan kekayaan alam adalah sebagai berikut.

a. Sumber daya alam tidak dapat diperbarui harus digunakan secara hemat. Agar sumber daya alam tersebut dapat terus dinikmati. Selain itu, sumber daya alam yang dapat diperbarui pemanfaatannya juga harus bijaksana.

b. Mencari bahan pengganti untuk sumber daya alam yang mudah habis.

c. Upaya perlindungan dilakukan dengan membuat suaka margasatwa dan cagar alam. Suaka margasatwa adalah perlindungan terhadap hewan. Khususnya pada hewan langka agar tidak punah. Cagar alam adalah perlindungan terhadap hutan atau tumbuhtumbuhan.

d. Penanaman pohon kembali (reboisasi).

e. Pembuatan terasering untuk mencegah erosi. Selain itu, kesuburan tanah tetap terjaga.

f. Mengolah limbah agar aman sebelum dibuang. Dengan demikian, limbah tidak akan

merusak lingkungan.


No comments:

Post a Comment