google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Pengertian Dan Macam - Macam Gaya

 Pengertian Dan Macam - Macam Gaya 


Benda dapat bergerak karena diberi gaya.pengertian gaya adalah gerakan atau suatu hal yang bisa menyebabkan sebuah benda bergerak dan berhenti dari gerakannya. Konsep gaya di dalam ilmu fisika sudah ada sejak dulu serta sering digunakan pada materi yang membahas tentang Hukum Newton.

gaya memiliki pengaruh terhadap benda, yaitu:


1. Gaya menyebabkan benda yang diam menjadi bergerak. Contohnya, kursi yang diam bisa bergerak setelah didorong.


2. Gaya menyebabkan benda yang bergerak menjadi diam. Contohnya, bola yang menggelinding dapat diam setelah ditahan menggunakan kaki.


3. Gaya menyebabkan perubahan arah benda. Contohnya, bola basket yang dipantulkan ke dinding akan memantul berubah arah setelah membentur dinding.


4. Gaya dapat membuat pergerakan benda lebih cepat. Contohnya, mobil yang melaju lambat bisa bergerak semakin cepat setelah pengemudi menambah gas.


5. Gaya menyebabkan benda berubah bentuk. Contohnya, botol plastik akan berubah bentuk setelah diinjak.


Di dalam air terdapat gaya tekan ke atas yang menyebabkan benda bias mengapung di permukaan.

Jika gaya tekan ke atas lebih besar dari berat benda, maka benda akan terapung.

Jika gaya tekan ke atas sama dengan berat benda, maka benda akan melayang.

Pesawat terbang mainan dari kertas dapat terbang di udara kareena adanya dorongan angin.

Jika gaya tekan ke atas lebih kecil dari berat benda, maka benda akan tenggelam.

Contoh Gaya Dorongan & Tarikan Suatu benda bisa bergerak karena pengaruh dari gaya yang diberikan pada benda itu, teman-teman. Saat kita memberikan gaya dorong pada suatu benda, maka benda itu akan bergerak menjauh dari kita sebagai sumber gaya. Saat kita memberikan gaya tarik pada suatu benda, maka benda itu akan bergerak mendekat ke arah kita sebagai sumber gaya. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan gaya dorong antara lain: Mendorong troli belanja di supermarket. Menutup pintu kulkas. Membuka pintu mobil. Mendorong lemari agar bergeser. Menginjak pedal gas mobil agar bergerak maju. Pedagang mendorong gerobak agar berjalan. Mengetuk palu saat menancapkan paku ke dinding. Menekan saklar untuk menyalakan lampu. Menekan plastisin yang akan dibentuk. Menuntun kendaraan yang mogok. Sementara, beberapa kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan gaya tarik antara lain: Membuka pintu kulkas. Menutup pintu mobil. Menarik koper saat di stasiun. Mencabut kabel pengisi daya dari soket listrik. Menarik kursi saat akan duduk. Menarik tali dalam permainan tarik tambang. Menarik bungkus makanan yang akan dibuka. Membuka tirai di jendela. Menarik tali sepatu saat mengikatnya. Menarik benang saat bermain layangan.

Gaya tarik bumi yang disebut gravitasi

Alat untuk mengukur gaya disebut dinamometer.


No comments:

Post a Comment