google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Informatika Bab Teknologi Informasi Dan Komunikasi

 Teknologi Informasi Dan Komunikasi 


Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmi pengetahuan terapan. Dapat juga diartikan sebagai keseluruhan dan kenyamanan hidup manusia.  Pengertian informasi menurut KBBI yaitu penerangan, pemberitahuan, kabar, atau berita tentang sesuatu. Sedangkan komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan. Dapat diartikan sebagai berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.  Kesimpulannya, pengertian TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpangan, penyebaran, dan penyajian informasi. 

Aplikasi perkantoran adalah kumpulan aplikasi yang digunakan untuk pekerjaan perkantoran.Lalu karena berupa aplikasi maka fitur - fiturnya sudah tersedia dan dapat langsing digunakan oleh pengguna tanpa harus membangunnya sendiri menggunakan bahasa pemrograman 

Aplikasi perkantoran terbagi menjadi beberapa jenis :

  • Aplikasi pengolah kata 
  • Aplikasi pengolah lembar kerja
  • Aplikasi pembuat bahan presentasi 

Di bawah ini adalah beberapa aplikasi yang termasuk ke dalam kategori aplikasi perkantoran, antara lain:

Microsoft Office

Microsoft Office dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft. aplikasi sering digunakan untuk seluruh keperluan yang berhubungan dengan perkantoran. Hingga sekarang masih terus mengalami perbaikan dengan adanya penambahan fasilitas-fasilitas agar aplikasi tersebut semakin baik lagi.

Umumnya, beberapa aplikasi turunan dari Microsoft Office yang biasa digunakan dalam perkantoran adalah Microsoft Office Word, Excel, dan  Powerpoint yang tentunya masing-masing aplikasi memiliki fungsi yang berbeda-beda.

WPS Office

WPS Office merupakan sebuah aplikasi perkantoran yang sempat memiliki nama asli Kingsoft Office sebelum beralih menggunakan nama baru. aplikasi yang memiliki akronim dari Writer, Presentation, dan juga Spreadsheets, dan menawarkan sebuah fasilitas aplikasi yang mampu digunakan sebagai pembuka dokumen yang asalnya dari sumber local serta sebagai sebuah pengakses file local yang telah disimpan dalam storage pengguna. Untuk masalah keamanan, kamu tak perlu khawatir pasalnya aplikasi WPS Office ini juga memiliki penyediaan fitur seperti password untuk file-file tertentu yang ingin kamu gunakan. Dengan demikian, kamu tak perlu khawatir jika ada dokumen yang berisi mengenai privasi.

Polaris Office

Polaris Office merupakan sebuah aplikasi perkantoran yang menyediakan berbagai macam fitur untuk digunakan dalam melihat, menampilkan, mengedit, serta menyimpan semua jenis dokumen di mana saja dan kapan saja. Aplikasi Polaris Office ini sangat capable untuk segala jenis format file seperti DOC/DOCX,HWP,PPT/PPTX,TEXT,XLS/XLSX, dan juga PDF.

Tampilan pada aplikasi ini juga dianggap sebagai tampilan aplikasi yang lebih ramah dan nyaman untuk digunakan oleh para penggunanya. Aplikasi ini juga menyediakan fitur khusus yaitu cloud drive dimana drive ini memang hanya diperuntukkan bagi para pengguna aplikasi Polaris Office itu sendiri.

Evernote

Dalam pekerjaan kamu juga tentunya membutuhkan aplikasi perkantoran yang mudah digunakan kapan saja dan dimana saja yaitu Evernote. Aplikasi Evernote ini tentunya sangat direkomendasikan bagi para pekerja yang tengah sibuk dengan pekerjaan mobile dan perlu mencatatnya dalam smartphone. Aplikasi Evernote ini memiliki fungsi, seperti misalnya; notes untuk melengkapi catatan, dan aplikasi ini memiliki banyak fitur lengkap di dalamnya seperti memberi poin, format font, merekam audio, video, foto, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan aktivitas pekerjaan.

Slack

Slack merupakan aplikasi chatting yang dapat kamu gunakan untuk menunjang kebutuhan interaksi dan komunikasi sesama karyawan melalui mobile app maupun website. Aplikasi chatting umumnya memang digunakan oleh hampir semua masyarakat, namun dirasa kurang efektif untuk membicarakan urusan pekerjaan dan kantor. Oleh karena itu, aplikasi Slack hadir sebagai solusi untuk mempermudah komunikasi perusahaan secara efektif. Dalam aplikasi Slack, kamu bisa langsung membuat saluran diskusi, berbagi dokumen, atau mengoperasikan data yang telah terintegrasi dengan Dropbox, Trello, Google Hangouts, dan lain sebagainya.

 cara mudah menjalankan perintah copy paste dan Cut paste yang bisa kalian ketahui yakni:

Cara Menjalankan Perintah Copy dan paste

Langkah pertama kalian bisa buka lembar kerja yang ingin di copy baik teks atau gambar.

Pilih teks atau gambar yang ingin di copy dengan cara “Block” atau seret krusor dengan menahannya dan lepaskan jika teks yang akan di copy sudah tertandai semua.

Klik kanan mouse kalian, lalu klik Copy. Setelah itu kalian bisa pindahkan kursor/pointer ke tempat atau lembar untuk meletakkan hasil dari perintah copy tersebut.

Setelah itu, klik kanan lagi pada lokasi yang akan kalian gunakan untuk menyimpan data hasil perintah peng-copy-an, setelah itu kalian bisa klik “Paste” atau “menempel”.

Data akan ter-copy ke tempat lain tanpa menghilangkan data lama sehingga terdapat data ganda yang sama persis.

Cara Menjalankan Perintah cut dan paste

Dalam menggunakan perintah cut sebenarnya intinya sama dengan menggunakan perintah copy paste. Akan tetapi, bedanya ialah jika copy tidak akan menghilangkan sumbernya, sedangkan untuk perintah “Cut” akan menghilangkan sumber dari data. Adapun caranya, yakni:


Silakan kalian buka data atau dokumen yang ingin di cut

Silakan kalian “blok” teks ataupun gambar yang akan kalian cut.

Kemudian klik kanan di mouse atau pada laptop kalian, lalu klik “Cut”. Setelah itu kalian bisa pindahkan kursor/pointer menuju tempat baru untuk meletakkan hasil dari perintah “Cut” tersebut.

Kemudian silakan kalian klik kanan lagi pada lokasi terbaru yang akan dipakai untuk menyimpan atau menempelkan hasil perintah “Cut”, lalu silakan klik “Paste”.

Cut paste ini akan menghilangkan data sumber sehingga hanya tertinggal satu data saja yakni yang terbaru. Hal ini beda dengan fungsi copy yang digunakan untuk menggandakan. Cut lebih ke memindahkan tanpa tergandakan.


No comments:

Post a Comment