google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Pemanfaatan Medan magnet pada Migrasi Hewan

 Pemanfaatan Medan magnet pada Migrasi Hewan 


Hewan mampu mendeteksi medan magnet bumi karena didalam tubuh hewan terdapat magnet .fenomena tersebut dinamakan biomagnetik.

sebagian besar hewan akan memanfaatkan medan magnet bumi untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.

Medan magnet bumi merupakan daerah di sekitar bumi yang masih dipengaruhi oleh gaya tarik bumi. Medan magnet ini memengaruhi kehidupan makhluk bumi, tak terkecuali hewan.

Ada beberapa hewan yang memanfaatkan medan magnet bumi dalam pergerakannya, baik untuk navigasi ataupun mencari penghidupan.

1. Sistem Navigasi pada Burung Merpati

William Keeton melakukan percobaan terhadap burung merpati. Hasil percobaan menyatakan bahwa merpati menggunakan sesuatu selain matahari untuk menuntun arah terbangnya. Bahkan saat langit tidak cerah pun, merpati tetap dapat menentukan arah terbangnya dengan menggunakan medan geomagnetik, yaitu gaya magnet yang tidak terlihat yang mengelilingi bumi.

Bidang geomagnetik di setiap belahan bumi sendiri tidak selalu sama. Kekuatannya berubah sesuai lintang atau jarak kutub bumi. Tarikan magnet yang terkuat terletak di kutub utara dan kutub selatan. Sedangkan tarikan terlemah berada di khatulistiwa. Charles Walcott mengira bahwa merpati mampu mendeteksi perbedaan-perbedaan arah dan mampu menggunakannya untuk memetakan lingkungan.

2. Sistem Navigasi pada penyu

Penyu memiliki kemampuan untuk berenang dan bernavigasi, dan juga mampu untuk bermigrasi dengan jarak yang cukup jauh dengan waktu yang tidak terlalu lama. Jarak 3.000 kilometer dapat ditempuh penyu dalam waktu 58-73 hari.

Semua penyu diduga hanya mampu menggunakan isyarat medan magnetik untuk menentukan lintang. Setelah Universitas of North California (USA) meneliti, spesies penyu laut dapat menentukan garis bujur dengan menggunakan isyarat megan magnetik seperti kompas.

3. Sistem Navigasi pada Ikan Salmon

Untuk kembali ke sungai guna berkembang biak, ikan salmon menggunakan medan magnet sebagai navigasi lautan. Data yang diperoleh Current Biology menyatakan bahwa ikan salmon menggunakan isyarat geomagnetik dalam migrasinya.

Hewan laut lain seprti anjing laut dan kura-kura juga menggunakan cara yang sama untuk menemukan jalan pulang.


No comments:

Post a Comment