google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Teks diskusi

 Teks diskusi 


Diskusi adalah kegiatan bertukar pikiran, ide, pendapat, gagasan untuk memecahkan suatu masalah. Diskusi dilakukan secara terarah mengenai masalah-masalah yang sedang dihadapi. Masalah tersebut diselesaikan untuk mencari solusi terbaik atau yang sering kita sebut dengan istilah hasil dari keputusan atau kesimpulan.

Teks diskusi disusun untuk menyajikan pendapat, sudut pandang, atau perspektif yang berbeda terhadap suatu permasalahan. Kegiatan ini dapat dijumpai, misalnya, pada rapat OSIS tentang penyusunan kegiatan OSIS yang paling tepat atau rapat di RT saat membicarakan masalah sampah di lingkungan RT. Setiap orang Bang yang mengajukan pendapat yang berbeda-beda. Ada pendapat yang setuju mendukung terhadap suatu gagasan ada yang bertentangan, ada juga yang masih ragu.

Gagasan dan argumen dari semua sisi dievaluasi sebelum menentukan keputusan. Teks diskusi (lisan maupun tulis) dapat menguji topik yang kontroversial, menggunakan argumen secara langsung terhadap topik, dan harus meyakinkan.

Struktur Teks Diskusi

Struktur teks diskusi terdiri dari pendahuluan, isi dan simpulan.

Pendahuluan : 

  • pernyataan untuk membatasi topik
  • latar belakang topik
  • sudut pandang berbeda yang akan dibahas

Isi :

Serangkaian paragraf

dua atau tiga paragraf dengan argumen setuju(pro) dan alasannya serta contoh yang mendukung gagasan.

Menggunakan bahasa persuasif

Menggunakan bahasa kohesif untuk menghubungkan gagasan atau untuk menunjukkan perubahan pendapat.

Simpulan:

simpulan argumen dari kedua sisi

mengevaluasi argumen yang paling efektif

rekomendasi satu sudut pandang berdasarkan argumen yang disajikan.

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam menelaah bahasa teks diskusi?

Penggunaan bahasa yang efektif sangat penting dalam teks untuk tujuan persuasif, khususnya diskusi titik kamu dapat menilai penggunaan bahasa kamu sendiri untuk tujuan persuasif tersebut dengan memperhatikan hal-hal berikut.

 audiensi. apakah bahasa yang kamu gunakan dapat meyakinkan pembaca atau pendengar?

 gagasan. Apakah kata-kata yang kamu gunakan mampu menjelaskan dan menghubungkan gagasan atau argumen serta alasannya?

 sarana persuasif. Apakah jelas gambaran posisi (pendapat) penulis dan mencoba meyakinkan pembaca atau pendengar?

 kosakata .Apakah kosakata yang kamu gunakan sesuai dengan topik dan konteks tugas?

Kohesi. Apakah kamu menggunakan dengan tepat: kata rujukan, kata ganti, konjungsi, dan kata hubung dalam kalimat dan paragraf?

Konjungsi

 konjungsi atau kata sambung berfungsi untuk menghubungkan dua pikiran atau dua pengertian. kata seperti dan, kalau, dan atau adalah kata konjungsi. kata konjungsi dapat menghubungkan dua kata, Frasa, Klausa (dalam satu kalimat), menghubungkan antar kalimat dalam paragraf atau konjungsi antar paragraf. 

  • Dan  :        menandai hubungan setara penambahan
  •  atau  :        menandai hubungan pemilihan
  •  tetapi   :      menandai hubungan pertentangan, perlawanan 

Kohesi adalah perpautan bentuk, sementara koherensi adalah perpautan makna.

Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.

Ada beberapa fungsi dan tugas dari masing-masing setiap anggota diskusi seperti:

Moderator bertugas untuk mengatur jalannya diskusi dari awal sampai akhir, pada saat pembukaan sampai dengan penutupan dan pembacaan kesimpulan.

Ketua diskusi bertugas untuk menyampaikan gambaran mengenai topik-topik tertentu yang akan dijadikan bahan dalam diskusi.

Notulen bertugas sebagai juru tulis atau bagian yang mencatat poin-poin penting dalam pembahasan.

Narasumber bertugas menyampaikan materi-materi penting yang didalamnya mencakup uraian tentang topik diskusi.

Peserta diskusi bertugas sebagai pendengar sekaligus pemberhati pada saat proses diskusi berlangsung. Peserta diskusi nantinya dapat mengajukan pertanyaan mengenai masalah yang dianggap menurutnya baik untuk ditanyakan. Contohnya adalah ungkapan tentang setuju atau tidak, benar atau salah dan sependapat dengan peserta yang lain atau justru sebaliknya.

Fungsi diskusi

  • Untuk menyelesaikan masalah
  • Untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan yang luas
  • Untuk bertukar pikiran, pendapat dan gagasan
  • Untuk menambah hubungan sosial dengan orang lain dan masyarakat
  • Untuk menumbuhkan rasa peduli terhadap organisasi dan kelompok tertentu
  • Sebagai wadah pertemuan dalam perbaikan dalam menyelesaikan masalah

Jenis-jenis diskusi

  • Kongres merupakan suatu pertemuan organisasi, baik organisasi politik, masyarakat, sosial profesi dan lain sebagainya. Kongres biasanya dilakukan untuk menentukan hasil kesepakatan bersama dari setiap kelompok organisasi yang ada.
  • Seminar merupakan suatu bentuk pertemuan secara akademis yang biasanya dilakukan oleh para cendikiawan atau guru besar dalam membahas topik tertentu. Seminar dilakukan atas pertemuan khusus yang proses diskusi dilakukan secara langsung dan sesuai dengan teknis yang sudah ditentukan.
  • Diskusi panel merupakan bentuk forum untuk bertukar pikiran. Diskusi panel biasanya dilakukan oleh para kelompok tertentu yang pesertanya sudah tahu tentang masalah-masalah yang akan dibahas.
  • Muktamar merupakan bentuk dari musyawarah yang dilakukan oleh para pemimpin organisasi. Musyawarah ini laksanakan pda waktu-waktu tertentu, dimana waktu diskusi sudah berjalan dari tahun ketahuan. Pelaksanaan muktamar lebih identik dengan pertemuan antara pemimpin organisasi dari tingkat pusat, daerah dan pimpinan cabang.
  • Simposium merupakan bagian dari diskusi yang berkaitan dengan pidato pendek yang biasanya dilakukan di depan para peserta atau pengunjung. 
  • Lokakarya merupakan bentuk diskusi yang biasanya dilakukan oleh para ahli dalam bidang tertentu. Lokakarya biasanya membahas tentang masalah-masalah baru terkait dengan penelitian yang mereka lakukan sebelumnya. 


No comments:

Post a Comment