google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Menyusun cerita inspiratif

 Menyusun cerita inspiratif


Menurut Burhan Nurgiyantoro dalam Teori Pengkajian Fiksi (1998), cerita merupakan isi dari ekspresi naratif. Ekspresi tersebut dapat berupa sedih, senang, atau semangat. Salah satu cerita yang bertujuan untuk membangun semangat adalah cerita inspiratif. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, inspiratif berasal dari kata dasar inspirasi yang berarti ilham.

Cerita inspiratif merupakan bentuk narasi yang lebih bertujuan memberi inspirasi kebaikan kepada banyak orang titik cerita yang baik dapat menggugah perasaan, memberi kesan yang mendalam Bahkan dalam tingkat yang lebih tinggi mampu membuat seseorang berjanji pada dirinya untuk menjadi seperti yang dibacanya. Cerita yang menginspirasi seseorang berbuat lebih baik, lebih peduli, dan lebih berempati terhadap orang lain.

Mengidentifikasi informasi cerita inspiratif

inspirasi adalah percikkan ide-ide kreatif (Ilham) akibat hasil proses belajar dan peduli kepada sekeliling kita. cerita inspiratif biasanya dibuat oleh seseorang yang sudah dalam taraf bijak. orang bijak tidak selalu digambarkan Sebagai seorang kakek yang berjanggut putih berjubah putih dan memegang tongkat . Semua usia bisa saja memiliki pikiran bijak titik pijak dapat dihasilkan oleh pengamatan dan pengalaman yang menyentuh hati titik pijat juga dapat dibentuk oleh perjuangan hidup yang keras dan penuh tantangan. 

Menyimpulkan struktur cerita

Struktur cerita terdiri dari orientasi, perumitan peristiwa, komplikasi, resolusi dan koda.

Seperti ibarat mendaki gunung kemudian turun lagi, dimulai dengan orientasi lalu endingnya dengan koda. Orientasi memberikan pengantar cerita yang menarik. Peruitan peristiwa membawa pembaca pada kisah tokoh dan peristiwa menuju ke puncak cerita (konflik). Di puncaknya komplikasi menceritakan tempat kisah yang menjadi inspirasi. Selanjutnya resolusi untuk menyajikan peristiwa yang menyadarkan tokoh tentang kebaikan. Terakhir penutup cerita, kesimpulan dan pesan moral yang di istilahkan dengan koda.

Kalau kamu suka membaca dan ingin mendapatkan buku sekolah di smartphone, kamu bisa download aplikasi android di playstore dari CTF Studio. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa membaca bukunya secara offline juga bila telah mendownloadnya atau secara online bila tidak mau menyimpan banyak data di smartphone. Bila berganti buku dan kamu ingin melanjutkan membacanya, kamu tidak perlu mencari halaman yang sebelumnya, jadi tinggal melanjutkan bacaannya saja.

Ciri-ciri teks cerita inspiratif Ada beberapa hal yang membedakan teks cerita inspiratif dengan teks lainnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari ciri-ciri teks cerita inspiratif berikut: Struktur teksnya terdiri atas orientasi, rangkaian peristiwa, komplikasi, resolusi, dan koda. Memiliki tema spesifik mengenai kehidupan seseorang atau perjuangan yang dikembangkan secara naratif. Amanat atau pesan dalam cerita inspiratif adalah sorotan utama, sehingga alur dikembangkan untuk membawa pembaca memahami amanat dengan tepat. Bersifat naratif. Teks cerita inspiratif berisi uraian atau rangkaian kejadian dalam hidup seseorang. Tokoh utama dalam teks cerita inspiratif menjadi panutan untuk pembacanya. Tokoh dalam teks cerita inspiratif dapat berasal dari kehidupan nyata atau fiksi. Tak jarang, cerita inspiratif dikemas dalam cerita binatang atau dongeng agar mudah diterima pembaca anak-anak.

Terdapat dua jenis kalimat majemuk yang digunakan dalam teks cerita inspiratif, yaitu majemuk setara dan majemuk bertingkat. Majemuk setara: Kalimat majemuk setara disebut juga kalimat majemuk koordinatif. Struktur kalimat di dalamnya terdapat paling sedikit dua kalimat dasar dan masing-masing dapat berdiri sendiri sebagai kalimat tunggal. Kalimat majemuk bertingkat: jenis kalimat ini adalah kalimat yang mengandung satu kalimat dasar yang merupakan inti (utama) dan satu atau beberapa kalimat dasar yang berfungsi sebagai pengisi salah satu unsur kalimat inti tersebut.


No comments:

Post a Comment