google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Budi Daya Ikan Hias

Budi Daya Ikan Hias  


Indonesia memiliki banyak jenis ikan hias air tawar, menurut KKP saat ini tercatat 400 spesies jenis ikan hias air tawar dari jumlah 1.100 spesies yang diperdagangkan secara global. Namun dari 400 spesies hanya 90 spesies yang dibudi dayakan oleh masyarakat luas.

a. Ikan Koi

Ikan Koi pertama kali dikembangkan oleh Jepang, mereka mengembangkannya dari ikan mas. Daya tariknya memiliki warna yang menarik dan indah.


b. Ikan Cupang

Ikan Cupang merupakan salah satu ikan hias endemik dari Indonesia dan negera asia tenggara. Ikan cupang merupakan ikan hias air tawar yang biasanya hidup di rawa-rawa. Ada banyak jenis-jenis ikan cupang diantaranya halfmoon, crowntail, plakat halfmoon

c. Ikan Arwana

Ikan Arwana merupakan ikan endemik indonesia yang berasal dari kalimantan dan papua. Dahulu ikan ini dapat diburu dialam liar sekarang sudah dibudi dayakan dikolam-kolam. Sentra produksinya di Kalimantan dan Sumatra

d. Ikan Mas Koki

Ikan Mas Koki masih satu keluarga dengan ikan mas. Mas koki pertama dikenal dicina namun jepanglah yang memeprkenalkan ke dunia. Ikan mAs Koki dibudi dayakan luas di Indonesia sentra nya di Tulung Agung.

e. Guppy

Guppy berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Ikan ini sanagat mudah dibudidayakan dan juga banyak ditemukan diwilayah perairan Indonesia.

f. Ikan Louhan

Ikan Louhan dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama flowerhorn cichild dan tidak ditemukan secara bebas. Ikan ini hasil persilangan ikan cichild. Louhan pertama kali dikembankan di Malaysia.

g. Ikan Discus

Ikan Discus berasal dari paerairan Amazon, disebut discus karena mirip piringan (disk) dengan warna warni atraktif.

 ikan air laut yang menjadi komoditas ekspor ataupun budi daya. Ada tiga jenis ikan yaitu Blue Tangs, Yellow Tangs, Clownfish dan Butterfly.

2. Sarana dan Peralatan Budi Daya Ikan Hias (Pembesaran Ikan Hias)

a. Bahan

1. Benih

Benih adalah hal yang utama dalam pembiakan ikan hias, benih biasanya berumur 7 hari.

2. Air.

Air mempeunyai peranan penting kualitas air dapat diukur dari pH, Suhu, Salinitas, dan kecerahan. pH kisaran 6-8, suhu 25-32 celcius, salinitas 0-5 ppt (air tawar), kecerahan bisa dilihat dari jumlah cahaya matahari yang masuk.

3. Pakan

Pakan untuk benih adalah plankton. Salah satu plankton yang dapat dibudidayakan yaitu fitoplankton seperti euglena, tetraselmis. sedangkan zooplankton seperti moina, rotifera, dan dapnia.

4. Obat

Jenis obat-obatan yang sering digunakan untuk mencegah jamur adalah methilen blue, malasit green untuk obat pencegahan parasit.

b. Alat

c. Wadah

Wadah budi daya ika hias dapat dibuat dimana saja, nah kamu boleh mengamati disekitar lingkungan mu ya. Jenis-jenis wadah diantaranya 

1. Kolam

2. Bak

3. Akuarium


No comments:

Post a Comment