google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Menyampaikan Informasi Dalam Bentuk Berita Beserta Ciri - Cirinya


 Menyampaikan Informasi Dalam Bentuk Berita 

Dalam menyampaikan informasi dalam bentuk berita dalam bentuk lisan dan tulisan selalu memperhatikan ketetapan struktur dan kaidah kebahasaan .

1. Pentingnya Berita

Banyak manfaat yang diperoleh setelah membaca berita. Manfaat itu diartikan sebagai hasil pemaknaan terhadap berita. Manfaat tersebut dapat didapatkan dengan cara memberikan tanggapan berupa kelogisan dan kejelasan pada berita yang dibaca.


2. Penyampaian Berita

Setelah membaca berita, paling tidak kamu juga harus mampu menyampaikan informasi berita itu kembali. Kamu harus menyampaikan apa adanya, tanpa penambahan dan pengurangan akan isi dari berita tersebut. Kamu cukup memahami ide-ide pokok berita tersebut. Barulah kamu menceritakan dengan bahasamu sendiri.


Adapun langkah-langkah penyampaian berita sebagai berikut.

a. Menentukan sumber berita, berupa peristiwa yang menarik dan menyangkut kepentingan banyak orang.

b. Mendatangi sumber berita, yakni mengamati langsung dan mewawancarai orang yang berhubungan dengan peristiwa tersebut.

c. Mencatat fakta-fakta dengan kerangka pola ADIKSIMBA

d. Mengembangkan catatan menjadi sebuah teks berita yang utuh, yang disajikan mulai bagian yang penting ke yang kurang penting.


3. Penyuntingan Berita

Bila masih ditemukan kesalahan dari berita yang dibuat itu adalah hal yang wajar. Masih ada satu tahap lagi yang harus kamu lalui sebelum dipublikasi, yakni penyuntingan. Aspek yang harus diperhatikan dalam tahapan ini adalah sebagai berikut.


a. Kebenaran isi berita, yaitu ditunjang oleh keakuratan fakta-fakta.

b. Kelengkapan isi berita, yang ditandai oleh hadirnya komponen berita yang terangkum dalam rumus ADIKSIMBA.

c. Struktur penyusunan berita, yang dimulai dengan bagian penting ke bagian yang kurang penting.

d. Penggunaan bahasa, yang terkait dengan keefektifan kalimat, kebakuan kata, dan ketepatan ejaan dan tanda bacanya.


Demikianlah cara menyampaikan informasi dalam bentuk berita atau kata lain yaitu cara menulis berita. Sekian informasi dari saya kurang lebih semoga bermanfaat. 


Ciri Ciri Teks Berita

Teks berita mempunyai ciri yang membedakannya dengan jenis teks yang lain, setidaknya ada 7 ciri – ciri teks berita yaitu:

Menarik

Teks berita disajikan dengan judul yang menarik perhatian, sehingga orang akan tertarik untuk membaca teks berita tersebut. Judul berita harus mewakili seluruh isi berita.

Terkini (aktual)

Suatu teks berita harus merupakan peristiwa yang masih hangat atau baru, sehingga masih ramai menjadi dibicarakan oleh orang.

Dapat dipercaya (faktual)

Teks berita harus berisi fakta atau peristiwa nyata. Bila kejadian yang disampaikan bukan fakta, maka kejadian tersebut tidak dapat disebut sebagai berita.

Diterima oleh masyarakat

Teks berita harus seimbang atau berimbang, maksudnya teks tersebut tidak memihak siapapun. Sehingga berita tersebut dapat diterima oleh masyarakat luas.

Jelas

Teks berita disampaikan secara jelas dan mendetail sehingga pembaca berita mendapat informasi yang menyeluruh, tidak setengah – setengah.

Kalimatnya sederhana

Kalimat dalam teks berita harus sederhana, tidak banyak basa-basi. Karena tujuan teks berita adalah untuk menyampaikan informasi atau fakta bukan karangan fiksi.

Segera disampaikan

Berita disampaikan dengan segera, tidak menunggu waktu lama. Tentu saja setelah kebenaran dari berita tersebut sudah dipastikan. Karena jika tidak, berita akan basi dan kurang mendapat perhatian masyarakat.Ciri Ciri Teks Berita


No comments:

Post a Comment