google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Aktivitas Variasi dan Kombinasi Gerak Berirama

Aktivitas Variasi dan Kombinasi Gerak Berirama


Variasi dan kombinasi adalah melakukan beberapa bentuk prinsip dasar dengan berbagai cara, seperti melakukan prinsip dasar langkah, dan ayunan lengan, baik secara perorangan, berpasangan maupun kelompok.

1. Aktivitas langkah kaki ke depan dan belakang

Langkah kaki depan dan belakang dilakukan seperti gerakan melangkah maju dan melangkah mundur. Cara melakukan gerakan langkah kaki ke depan dan belakang antara lain sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan: hitungan 1 langkahkan kaki kiri ke depan, hitungan 2 , tarik kaki kanan dan dekatkan pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan ke belakang, hitungan 4, tarik kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4.

2. Aktivitas langkah kaki ke samping dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Langkah kaki ke samping dilakukan dengan cara menggerakan kaki ke samping. Cara melakukan gerakan langkah kaki ke samping antara lain sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan: hitungan 1 langkahkan kaki kiri ke samping kiri, hitungan 2, tarik kaki ujung kanan dan dekatkan pada kaki kiri, hitungan 3, langkahkan kaki kanan kembali ke kanan, hitungan 4, tarik ujung kaki kiri dan dekatkan pada kaki kanan, hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 3 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4.

3. Aktivitas menjulurkan kaki ke depan dan belakang dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan :berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan :hitungan 1 kaki kanan tetap, kaki kiri julurkan ke depan, hitungan 2, tarik kaki kiri kembali ke posisi awal, Hitungan 3, julurkan kaki kiri ke belakang, hitungan 4, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, hitungan 5, julurkan kaki kiri ke samping kiri, hitungan 6, tarik kembali kaki kiri ke posisi awal, Hitungan 7, angkat kedua tumit dengan kaki rapat, hitungan 8, turunkan tumit kembali pada posisi awal, lakukan gerakan ini dengan kaki kanan dengan hitungan 1 - 8 .Gunakan maat 4/4.

4. Aktivitas mengayunkan kaki ke depan dan belakang

Gerakan mengayunkan kaki baik ke depan dan ke belakang secara bergantian. Gerakan ini dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan :hitungan 1, ayun kaki kiri ke belakang lurus, ujung kaki plat, hitungan 2 , turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan mengeper, hitungan 3, ayun kaki kanan ke belakang lurus, ujung kaki plat, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri mengeper, lakukan aktivitas gerak ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

5. Aktivitas mengayun kaki ke depan

Mengayun kaki ke depan merupakan gerak mengayunkan atau mengangkat kaki sampai pada posisi kaki lurus di depan tubuh. Gerakannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan: hitungan 1ayun kaki kiri ke depan lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, ayun kaki kanan ke depan lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 4, turunkan kembali kaki kananbersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

6. Aktivitas mengayun kaki ke samping

Gerakan mengayun kaki ke samping dilakukan dengan memindahkan kaki ke samping badan sampai kaki lurus. Gerakannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan: hitungan 1, ayun kaki kiri ke samping lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, ayun kaki kanan ke ke samping lurus dan ujung kaki lurus (plat), hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

7. Aktivitas mengangkat paha kiri ke atas

Gerakan mengangkat paha kiri dilakukan sampa paha membentuk sudut siku-siku. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus di samping badan, pandangan ke depan,

Gerakan : hitungan 1angkat paha kiri ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90° ujung kaki lurus (plat) mengarah  ke bawah, hitungan 2, turunkan kembali kaki kiri bersamaan lutut kaki kanan direndahkan (mengeper), hitungan 3, angkat paha kanan ke atas dengan lutut ditekuk membentuk sudut 90° ujung kaki lurus (plat) mengarah ke bawah, hitungan 4, turunkan kembali kaki kanan bersamaan lutut kaki kiri direndahkan (mengeper), hitungan 5-8, ulangi hitungan 1-2-3 dan 4. Ulangi aktivitas ini 6 x 4 hitungan dan gunakan maat 4/4.

8. Aktivitas memutar satu lengan

Gerakan ini dilakukan dengan memutar satu lengan yang lurus di depan dada. Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke depan, pandangan ke depan,

Gerakan : hitungan 1-2 putar lengan kiri, melalui bawah ke kiri, lengan kanan tetap lurus ke depan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, hitungan 3-4, putar lengan kanan melalui bawah ke kanan bersamaan kedua lutut kaki mengeper, berakhir kedua lengan terentang, hitungan 5-6, putar lengan kiri kembali ke depan, hitungan 7-8, putar lengan kanan kembali ke depan. Ulangi aktivitas ini 6 x 8 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4.

9. Aktivitas memutar satu lengan

Memutar satu lengan ini dilakukan dengan memutar salah satu lengan lurus ke atas. Gerakannya dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan : berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke atas, pandangan ke depan,

Gerakan : hitungan 1, putar lengan kiri, dari atas melalui samping, ke dalam dan kembali ke atas, hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran dari atas melalui samping. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4.

10. Aktivitas memutar satu lengan dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.

Persiapan: berdiri tegak langkah kaki kiri, kedua lengan lurus ke atas, pandangan ke depan,

Gerakan: hitungan 1 putar lengan kiri satu putaran, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas, hitungan 2, putar lengan kanan satu lingkaran melalui depan, belakang di samping badan, dan kembali lurus ke atas. Ulangi aktivitas ini 8 x 2 hitungan dan gunakan maat 4/4 atau 3/4.

No comments:

Post a Comment