google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Iklan Sarana Komunikasi


Iklan merupakan salah satu bagian dari industri perdagangan.secara umum iklan dapat diartikan sebagai pemberitahuan yang bertujuan mendorong atau membujuk halayak ramai 

Slogan adalah perkataan atau kalimat pendek yang dipakai sebagai dasar tuntuntan (pegangan hidup); prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dan sebagainya. Slogan sering pula disebut moto atau semboyan

Poster adalah plakat (kata-kata dan gambar) yang dipajang di tempat- tempat umum. Poster hampir sama dengan iklan, yakni pemberitahuan suatu ide, hal baru, atau hal penting kepada khalayak.

Fungsi Iklan

1. Fungsi informasional, iklan memberitahukan kepada konsumen tentang karakteristik suatu produk juga berbagai manfaat yang mereka peroleh.

2. Fungsi transformasional, iklan berusaha untuk mengubah sikap-sikap yang dimiliki oleh konsumen terhadap merek, pola-pola belanja, gaya hidup, teknik-teknik mencapai sukses.



Fungsi Slogan

1. Slogan berfungsi untuk mendidik masyarakat.

2. Slogan juga bisa berfungsi sebagai pemacu semangat.

3. Slogan berfungsi sebagai motivasi.

4. Slogan berfungsi untuk mempengaruhi seseorang untuk melakukan atau pun untuk tidak melakukan sesuatu.

5. Slogan juga bisa difungsikan sebagai alat propaganda politik.


Fungsi Poster

Adapun fungsi dari poster adalah untuk memberikan informasi tambahan mengenai sesuatu kepada masyarakat luas. Diharapkan dengan melihat dan membaca poster, tujuan dari si pembuat akan tersampaikan melalui tulisan dan gambar yang ditampilkan.

5.Unsur-Unsur Pembentuk Iklan

Adapun maksud iklan itu sendiri dapat kamu pahami secara lebih lengkap berdasarkan unsur-unsur pembentuknya, yang meliputi sumber, pesan, media, penerima, efek, umpan balik, dan konteks.

a. Sumber adalah pemasang iklan, yang berinisatif, dan penyandang dana dari pemasangan suatu iklan.

b. Pesan adalah informasi yang disampaikan. Wujudnya bisa berupa pesan verbal dan pesan nonverbal.

c. Media adalah sarana yang digunakan, misalnya media cetak, elektronik, dan sarana-saran lainnya.

d. Penerima adalah individu atau kelompok masyarakat yang menjadi sasaran atau objek iklan.

e. Efek adalah perubahan yang terjadi pada diri penerima, baik itu dalam aspek sikap, pola pikir, perilaku, kebiasaan, dan pola hidup.

f. Umpan balik adalah tanggapan, reaksi, atau respons yang dikehendaki dari penerima pesan, misalnya dengan membeli produk yang  ditawarkan dan menolak pemakaian narkoba.

Bentuk-bentuk iklan tersebut tentu saja memilili karakteristik masng-masing dalam pola penyajiannya.

a. Iklan Media Cetak

Iklan di media cetak memiliki beberapamacam berdasarkan keluasaan ruang atau space-nya.

1) Ikla Baris adalah iklan yang pemasangannya berupa bari-baris. Teks yang disajikannya sangat terbatas. Tidakada gambar ataupun ilustrasi-ilustrasi dalam iklan ini. Teks pun banyak yang mengalami penyingkatan. Iklanbaris pada umumnya dimanfaatkan oleh perorangan atau perusahaan-perusahaan kecil

2) Iklan kolom adalah iklan yang dalam pemasangannya media berupa kolom-kolom. Oleh karena itu, bentuknya besar. Disamping menggunakan teks, iklan ini sering pula menyertakan gambar dan berbagai ilustrasi menarik lainnya. Selain itu, dikenal istilah iklan display, yakni iklan memiliki ukuran lebih luas dibandingkan iklan kolom. Iklan display merupakan iklan yang berisi hanya kata-kata dan gambar, foto, ataupun media-media grafis lainnya. Ada pula istilah iklan advertorial, yakni iklan yang sejenis iklan display. Contoh iklan advertorial yaitu iklan berkaitan dengan pelayanan jasa dan kesehatan, pengobatan alternatif, pengenalan perusahaan ataupun produk baru dengan informasi yang lebih kompleks.

b) Iklan Elektronik

Iklan elektronik merupakn iklan berbasis perangkat elektronik, yang mencakup beberapa unsur sebagai berikut.

1. Iklan radio, iklan ini mengandalkan efek suara, baik itu berupa tuturan, musik, maupun bunyi-bunyi.

2. Iklan televisi, iklan ini mengandung unsur suara, gambar, dan gerak.

3. Iklan film, iklan film yang tersaji dalam judul film (produk sinema).  Iklan film biasanya muncul sebelum film utama diputar.

Menurut isinya iklan diklasifikasikan dalam tiga jenis, yakni sebagai berikut

a. Iklan pemberitahuan

Iklan ini lebih terfokus pada kepentingan untuk memberitahu khalayak mengenai suatu hal, baik itu yang berupa peristiwa, keadaan, atau hal lainnya. Iklan jenis ini dipasang oleh perorangan  atau suatu keluarga.  Namun, ada pula yang dipasang oleh perusahaan-perusahaan, misalnya yang berupa pemberitahuan pembubaran perusahaan, rapat pemegang saham.

b. Iklan layanan masyarakat

Iklan ini bertujuan memberikan penerangan atau penjelasan kepada masyarakat. Contohnya, iklan keluarga berencana dan iklan bahaya narkotika. Pengguan oklan ini umumnya pemerintah dan lembaga swadaya masyarakt (LSM).

c. Iklan penawaran

Iklan ini bertujuan untuk menawarkan produk atau jasa.  Iklan penawaran jasa, disebut juga iklan niaga dan iklan lowongan kerja.


No comments:

Post a Comment