google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Nutrisi Pada Sistem Pencernaan Manusia


Makanan merupakan sumber energi utama bagi makhluk hidup , tanpa makanan yang masuk dalam tubuh manusia dapat mati karena tidak punya energi untuk bertahan hidup.begitu pentingnya makanan bagi kita makhluk hidup ini. Berapa nutrisi yang diperlukan oleh tubuh kita yang bisa berperan dalam proses perkembangan , pertumbuhan dan perbaikan sel pada tubuh kita ?

Oleh karena itu sebagai manusia kita dianjurkan untuk memilih makanan yang banyak mengandung nutrisi yang diperlukan tubuh kita.

Sistem pencernaan manusia dirancang untuk mengubah segala makanan yang Anda konsumsi menjadi nutrisi, yang nantinya akan digunakan untuk proses perkembangan dan perbaikan sel tubuh, juga sebagai sumber energi. Untuk dapat menggunakannya sebagai nutrisi, tubuh perlu mengubah protein menjadi asam amino, lemak menjadi asam lemak, dan karbohidrat menjadi gula.

Nutrisi atau gizi adalah zat yang dibutuhkan mahluk hidup sebagai sumber energi, mempertahankan kesehatan, pertumbuhan dan untuk berlangsungnya fungsi normal pada setiap jaringan dan organ tubuh. Setiap makhluk hidup yang ada di dunia ini pasti membutuhkan nutrisi atau gizi untuk keberlangsungan hidupnya. Karena nutrisi merupakan substansi organik yang berperan dalam semua sistem kerja pada tubuh agar prosesnya berlangsung secara normal

jenis-jenis dari nutrisi yang baik untuk tubuh:

Lemak

Lemak atau lipid diperlukan tubuh karena berfungsi menyediakan energi sebesar 9 kilokalori/gram. Lemak juga menjadi peranan yang cukup penting di dalam membentu membrane yang mengelilingi sel di dalam tubuh sehingga dapat membantu untuk pembekuan darah.Berdasarkan struktur kimianya, lemak dibedakan menjadi lemak jenuh dan lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh biasanya cair pada suhu kamar. Minyak nabati dan lemak yang ditemukan dalam biji merupakan contoh dari lemak tak jenuh. Lemak jenuh biasanya padat pada suhu kamar dan ditemukan dalam daging, susu, keju, minyak kelapa dan minyak kelapa sawit. Lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

Karbohidrat

Karbohidrat adalah molekul yang terdiri dari karbon, hidrogen dan oksigen. Sumber makanan utama karbohidrat adalah biji-bijian, susu, buah-buahan dan sayuran bertepung seperti kentang. Sayuran yang bukan tepung juga mengandung karbohidrat, tetapi dalam jumlah yang lebih rendah.Terdapat dua jenis karbohidrat yang bermanfaat bagi tubuh, yaitu sederhana dan kompleks. Karbohidrat sederhana dapat ditemui dalam gula, sedangkan karbohidrat kompleks terdapat pada pati maupun serat.

Glukosa ini kemudian diangkut dan disimpan ke semua sel-sel, digunakan untuk membuat energi atau digunakan untuk membangun makromolekul. Serat juga merupakan karbohidrat yang lambat dilepaskan, tetapi tidak dapat dipecah dalam tubuh manusia dan melewati saluran pencernaan tercerna kecuali bakteri yang menghuni usus memecahnya.

Protein

Protein juga dibutuhkan sebagai penghasil energi yang berfungsi untuk pertumbuhan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak, pembuat enzim dan hormon serta pembentuk antibodi. Tak hanya itu, Senyawa ini juga berfungsi untuk memproduksi hormon yang berguna bagi tubuh. 

Protein merupakan molekul besar yang terdiri atas sejumlah asam amino. Asam amino terdiri atas karbon, hidrogen, oksigen, nitrogen dan kadang-kadang ada belerang. Protein yang anda makan dapat berasal dari hewan (protein hewani) dan tumbuhan (protein nabati).

Mineral

Mineral berfungsi untuk proses pembangunan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen ke seluruh tubuh serta pembentukan dan pemeliharaan tulang. Beberapa macam mineral yang dibutuhkan tubuh diantaranya kalsium, zat besi, posfor, yodium dan Fluor. Mineral ini juga sangat penting untuk pertumbuhan gigi dan juga tulang. Selain itu juga untuk menjaga keseimbangan cairan, membangun jaringan tulang, mensintesis hormon, mengirimkan impuls saraf, kontrak dan mengendurkan otot dan melindungi terhadap radikal bebas berbahaya.

Air

Ada satu nutrisi lain yang harus kita miliki dalam jumlah besar, yaitu air. Air penting bagi tubuh anda untuk menjaga kelangsungan hidup. Di samping itu, nutrisi yang masuk ke tubuh anda tidak dapat digunakan oleh sel-sel tubuhmu bila tidak terlarut dalam air.

Lebih dari 60 persen dari total berat badan anda adalah air. Tanpa itu, tidak ada yang bisa diangkut dalam atau keluar dari tubuh, reaksi kimia tidak akan terjadi, organ tidak akan empuk dan suhu tubuh akan berfluktuasi secara luas.

Rata-rata, orang dewasa mengkonsumsi lebih dari dua liter air per hari dari makanan dan minuman. Seseorang dapat bertahan tiga menit tanpa oksigen, tiga hari tanpa air dan tiga minggu tanpa makanan. Karena air sangat penting untuk proses dasar kehidupan, jumlah masukan dan pengeluaran air amat penting. 

Vitamin

Vitamin adalah zat yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur dan pelindung tubuh dari berbagai penyakit karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Bila kita kekurangan Vitamin akan menderita Avitaminosis ( menyebabkan ganguan metabolisme tubuh). Jika kelebihan vitamin akan menyebabkan Hipertaminosis.

Fungsi vitamin juga menjaga metabolisme tubuh. Metabolisme adalah perputaran zat pada makluk hidup yang mencakup proses Fisika dan kimia (proses perputaran tubuh). Metabolisme merupakan sejumlah sel reaksi kimia yang mendorong aktivitas sel.

Serat

Serat berperan untuk membantu proses pencernaan. Jika kadar serat makanan berkurang, sisa makanan kurang menyerap air sehingga menjadi padat dan sulit di keluarkan dan mengakibatkan sembelit.

Beberapa fungsi serat bagi tubuh antara lain:

  • Melancarkan buang air besar yang akan mencegah terjadinya konstipasi dan wasir.
  • Membuat agar makanan yang tidak terserap di usus dapat segera dikeluarkan sehingga mengurangi kemungkinan terserapnya racun yang terdapat dari sisa makanan yang tidak terserap.
  • Menjaga berat badan tetap ideal karena sifat serat yang dapat mencegah penyerapan lemak dan memberi rasa kenyang yang akan membantu keinginan untuk mengkonsumsi makanan.
  • Menjaga kolesterol dan gula darah pada angka yang stabil. Kestabilan kolesterol dan gula darah dapat mencegah berbagai penyakit yang membahayakan seperti diabetes atau penyakit jantung.

No comments:

Post a Comment