google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Seni Musik


Seni budaya adalah harta yang tidak ternilai harganya dan merupakan aset bangsa .Seni budaya dapat kita nikmati , lestarikan , dan promosikan ke semua pihak ke semua  pihak sehingga memperoleh kesejahteraan bersama .Kita seharusnya malu jika menganggap seni budaya kita kuno, sementara bangsa lain mau belajar angklung ,gamelan, batik dan makanan tradisional Indonesia .Untuk itu kita wajib menjaga dan mengembangkan seni budaya.

Istilah musik dikenal dari bahaya Yunani yaitu "musike". Musike berasal dari perkataan muse-muse, yaitu sembilan dewa-dewa Yunani di bawah dewa Apollo yang melindungi seni dan ilmu pengetahuan. Dalam metodologi Yunani Kuno memiliki arti suatu keindahan yang terjadinya berasal dari kemurahan hati para dewa-dewa yang diwujudkan sebagai bakat. Kemudian pengertian itu ditegaskan okel Pythagoras, bahwa musik bukanlah sekedar hadiah (bakat) dari dewa-dewa, tapi musik terjadi karena akal budi manusia dalam membentuk teori-teori. Pythagoras, yang merupakan numerolog musik pertama dan meletakkan dasar untuk akustik. Dalam akustik orang-orang Yunani menemukan korespondensi antara nada not dan panjang string.


unison adalah bernyanyi dengan satu suara serta dapat dinyanyikan oleh sekelompok orang.kelompok vocal adalah kumpulan beberapa penyanyi yang tergabung serta menyanyikan lagu dengan ketinggian suara yang berbeda


Bernyanyi unison tidak dapat dilakukan seorang diri tetapi dilakukan oleh sekumpulan orang dengan satu suara. Pada saat menyanyi unison, dibutuhkan kerja sama  dan saling peduli sehingga suara yang ditimbulkan menjadi harmoni. Bernyanyi secara unison hanya menggunakan melody pokok saja.

Banyak sekali Lagu daerah negara Indonesia merupakan kekayaan dan warisan budaya indonesia yang dapat dinyanyikan secara unisono. warisan budaya indonesia yang diakui dunia (UNESCO) dapat menjadi suatu kebanggaan dan dapat dikelompokan menjadi, warisan alam, cagar alam atau situs, dan karya tak benda.

teknik vokal antara lain kejelasan ucapan, frasering, sikap dalam bernyanyi, intonasi. artikulasi yaitu cara pengucapan kata demi kata yang jelas. sedangkan pharasering adalah aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar. intonasi merupakan tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat (pitch) pernapasan adalah keluar masuknya udara melalui hidung menuju paru-paru

teknik pernapasan dapat dikelompokan menjadi tiga yaitu:

1. pernapasan bahu melakukan pernapasan dengan menarik napas mengangkat bahu. cara seperti ini tidak baik untuk bernyanyi.

2. pernapasan dada melakukan pernapasan degan membusungkan dada ketika menarik napas. cara seperti ini tidak baik untuk menyanyi.

3. pernapasan diafragma (pernapasan rongga perut) melakukan pernapasan dengan mengembangkan rongga perut atau diafragma. cara ini merupakan pernapasan yang optimal

Praktik bernyanyi satu suara dikenal dengan sebutan unisono .Agar mutu suara baik dan dapat dinikmati dalam bernyanyi , sebaiknya organ suara perlu dipelihara .Selain itu, Tenik bernyanyi harus diterapkan dengan baik .

Berlatih Vokal 
Latihan vokal dapat dilakukan sambil menyanyi yaitu dengan melakukan eksplorasi lagu model .Lagu model tersebut dinyanyikan dengan cara merubah nada dasar secara berturut - turut naik dan turun .

Bernyanyi mengharuskan kita berada dalam kondisi prima. kita mungkin berpikir bahwa menjadi sehat tidak sama dengan menjadi penyanyi yang baik dengan contoh-contoh seperti Maria Callas, Amy Winehouse, dan sejumlah besar rocker terkenal dunia. Jika kitaingin memiliki suara yang benar-benar indah, kita harus memperhatikan apa yang kita makan dan minum. kita harus minum banyak air dan menghindari produk susu yang keasamannya dapat menyebabkan masalah bagi tenggorokan kita. Selain itu, kita harus berada dalam kondisi fisik yang baik untuk mempertahankan postur tubuh kita dan menjaga punggung tetap lurus saat kita bernyanyi. Ada latihan menyanyi yang akan membantu kita mengurangi ketegangan di laring dan pemanasan vokal untuk memastikan kita tidak merusak tenggorokan. Dengan memperhatikan detail-detail ini, kita akan segera melihat bahwa itu dapat membuat hidup kita sebagai penyanyi lebih mudah.

No comments:

Post a Comment