google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Memainkan Alat Musik Sederhana


Setiap musik instrumen memiliki ciri dan karakter tersendiri dalam memainkan .Ada yang ditiup , dipetik , dipukul .Memainkan sasando dengan dipetik ,angklung dengan mengguncang guncang sehingga bagian angklung akan saling berhentakan dan menimbulkan bunyi .Teknik memainkan alat musik tiup berhubungan dengan pernapasan yang baik dan keterampilan dalam penjarian .
Membaca notasi merupakan kemampuan yang perlu terus dikembangkan .Kemampuan membaca notasi dianggap penting karena permainan musik tradisional saat ini sudah banyak yang ditulis menggunakan notasi .
Kata ansambel ini berasal dari bahasa prancis. Ansambel ini memiliki arti rombongan musik. Sedangkan untuk pengertian ansambel menurut kamus musik, ansambel adalah kelompok kegiatan musik dengan jenis kegiatan seperti yang tercantum dalam sebutannya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, pengertian musik ansambel ini ialah bermain musik secara bersama-sama dengan menggunakan beberapa alat musik tertentu dan juga memainkan lagu-lagu dengan aransemen sederhana.

Dengan berdasarkan peranan serta fungsi alat-alat musik yang digunakan, musik ansambel ini dikelompokkan menjadi 3 jenis diantaranya sebagai berikut :


  1. Ansambel melodis  ,Ansambel melodis merupakan alat musik yang digunakan dan berfungsi untuk memainkan rangkaian nada-nada yang merupakan melodi lagu. Contoh dari ansambel melodis ini ialah piano,pianika, biola, terompet, tamborin, rekorder dan harmonica.
  2. Ansambel ritmis  ,Ansambel ritmis merupakan alat musik yang digunakan dan berfungsi untuk mengatur irama sebuah lagu. Contoh dari ansambel ritmis ini ialah tamborin, drum set, triangle, gong serta gendang.
  3. Ansambel harmonis  ,Ansambel harmonis ini merupakan alat musik yang digunakan berfungsi untuk dapat memainkan melodi lagu serta juga mengatur irama lagu.


Bermain musik bisa dilakukan dengan peralatan yang sederhana seperti menggunakan kaleng bekas, botol bekas, paralon bekas, batang bamboo bekas, atau barang-barang bekas lainnya yang dapat dijadikan sebagai instrument musik yang enak didengar.

Alat musik sederhana tersebut hendaknya memenuhi kriteria sebagai berikut.

  • Mudah didapat di lingkungan tempat tinggal

  • Mudah buat sendiri

  • Mudah dipelajari

  • Mudah dimainkan

  • Menghasilkan bunyi yang enak didengar


Teknik Memainkan Alat Musik

Musik Indonesia amat beragam ada musik tradisio- nal dan ada musik modern, antara lain dangdut dan keroncong. Masing-masing daerah juga memiliki alat musik dengan karakteristik tersendiri yang tersebar dari Aceh hingga Papua. Berikut beberapa alat musik di Indonesia.

Angklung
Angklung  adalah  alat  musik dari daerah Jawa Barat dan Banten. Angklung telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya. Awalnya angklung merupakan alat musik yang digunakan untuk bunyi-bunyian ber- kaitan tentang panen padi dan upacara lain yang juga berkenaan dengan padi. 
Angklung melodi terdiri dari dua tabung bambu, sedangkan angklung pengiring terdiri atas tiga atau empat tabung bambu. Angklung yang terdiri dari tiga tabung bambu adalah bentuk trinada misalnya C minor, G, dan D dim, sedangkan yang empat untuk catur nada misalkan G7 dan C7.

Seruling Bambu
Alat musik seruling bambu juga berkembang seperti angklung. Di Sulawesi Selatan yaitu di Toraja dan di Sulawesi Utara seruling bambu telah dipakai sebagai musik ansambel, demikian juga di Nusa Tenggara Timur. Alat musik seruling dibedakan menjadi seruling pembawa melodi dan seruling pengiring. Seruling pengiring berfungsi sebagai akor dan bas. Akor bunyi nada seruling terdiri dari tiga seruling, misalkan untuk akor C mayor berarti seruling satu bunyi nadanya c, seruling dua bunyi nadanya e, dan seruling tiga bunyi nadanya g.

Sasando
Alat musik sasando berasal dari kabupaten Rotedau di Nusa Tenggara Timur, yang sudah sukar dijumpai. Pakaian tenun Rote dan Tiilangga topi khas Rote yang masih bisa dijumpai.Alat musik sasando mempunyai wilayah nada dari nada G besar sampai dengan nada e3. Selain itu dapat digunakan dalam 2 nada dasar mayor yaitu nada dasar C dan nada dasar G. Sasando termasuk alat musik chordofone yaitu alat musik dengan sumber bunyi senar. Cara memainkan musik sasando dipetik, tangan kiri memainkan akor tangan kanan memainkan melodi

Calung
Masyarakat banyak yang menyamakan calung dengan angklung, karena melihat bentuknya yang hampir sama. Meskipun hampir sama, namun cara membunyikan alat musik tersebut sangat berbeda. Angklung agar keluar bunyinya hanya digo- yangkan, sedangkan calung harus dengan cara memukul batang-batang bambu.

Kolintang
Alat musik kolintang merupakan alat musik asli daerah Minahasa, Sulawesi Utara. Nama kolintang menurut masyarakat Minahasa berasal dari suaranya, tong (nada rendah), ting (nada tinggi), dan tang (nada biasa).

Memainkan Alat Musik Melodis

Indonesia memiliki beragam alat musik melodis, yang dibunyikan dengan teknik pukul, tiup, maupun petik. Kamu sudah diberikan penjelasan mengenai alat musik tersebut. Kali ini kita akan berlatih memainkan alat musik rekorder.

Teknik Bermain Rekorder
Pada pembelajaran kali ini, kita akan belajar bermain rekorder. Rekorder alat musik bukan asli bangsa kita, suara yang dihasilkan kurang bagus, terlebih jika rekorder ditiup dengan keras dan tidak beraturan. Suaranya memekakkan telinga. Telinga bisa rusak, namun alat ini praktis dan mempunyai nada standar, sehingga sering kali digunakan di sekolah untuk praktik musik ansambel.






No comments:

Post a Comment