google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Pengetahuan Tentang Makanan Sehat

Kekurangan maupun kelebihan zat gizi dapat berakibat negatif terhadap kesehatan tubuh.Makanan sehat merupakan makanan yang bebas dari bahan berbahaya dan mengandung gizi yang bermanfaat untuk tubuh kita. Bahan berbahaya yang dimaksud seperti pewarna msi, pengawet dan pemanis buatan. Sedangkan, gizi yang bermanfaat bagi tubuh seperti yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, air, dan mineral.

Konsumsi makanan sehat, tidak harus membatasi satu atau beberapa jenis makanan saja.  Mengonsumsi berbagai jenis makanan, justru dapat memberikan nutrisi berbeda-beda sehingga mampu melengkapi gizi yang dibutuhkan tubuh. Dengan nutrisi yang lengkap, tubuh tidak akan mudah jatuh sakit dan tercegah dari berbagai penyakit

Makanan sehat umumnya mencakup berbagai nutrisi dalam jumlah yang memadai, termasuk vitamin dan mineral. Sayuran hijau menempati urutan pertama dalam jenis makanan sehat karena kandungan nutrisi yang lengkap. Di antara jenis sayuran hijau, ada berbagai pilihan yang baik untuk dikonsumsi, seperti sawi hijau, brokoli, dan bayam dengan kandungan serat yang tinggi.


Unsur-unsur zat makanan yang sehat diperlukan agar tubuh dapat beraktivitas dengan normal. Unsur-unsur makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat, seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral, vitamin, dan air dengan takaran yang seimbang.

Manfaat unsur-unsur makanan zat-zat yang dikandung dalam makanan mempunyai fungsi atau manfaat tersendiri bagi tubuh kita. Zat-zat yang dibutuhkan tubuh berfungsi sebagai zat tenaga, sebagai pembangun, sebagai pengatur, dan sebagainya.
  • Zat tenaga, zat tenaga bisa berasal dari karbohidrat, lemak, dan protein. Unsur-unsur ini biasa terdapat pada nasi, jagung, daging, telur, dan sebagainya.
  • Zat pembangun, dalam makanan terdapat zat yang disebut dengan zat pembangun. Unsur-unsur makanan yang mengandung zat pembangun adalah protein, mineral, dan air. Unsur-unsur ini harus seimbang agar kesehatan seseorang terjaga dengan baik.
  • Zat pengatur, makanan yang terdapat zat pengatur adalah mineral, vitamin, dan air. Zat-zat ini mudah diperoleh dalam makanan yang anda makan.


  • Karbohidrat.  :  Zat gizi ini terbentuk dari unsur karbon, Oksigen dan Hidrogen. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber tenaga, makanan cadangan, dan mempertahankan suhu tubuh. Bahan makanan yang mengandung karbohidrat adalah gandum, beras, jagung, sagu dan ketela pohon.
  • Lemak.  :molekul lemak terdiri dari unsur - unsur Karbon ( C ) ,Hidrogen ( H ) dan Oksigen ( O ) . 1 gram lemak dibakar dalam tubuh akan menghasilkan 9 kalori.Lemak atau lipida terjadi pada proses metabolism tubuh. Lemak berfungsi sebagai sumber tenaga dan juga cadangan makanan. Makanan yang memiliki kandungan lemak adalah kelapa, kacang tanah, kuning telur, keju, dan daging.
  • Air.  :Bagian terpenting dari setiap sel tubuh dan dapat ditemukan pada hampir semua bahan makanan. Dalam tubuh manusia, air merupakan paling dominan sebagai pembangun struktur tubuh. Air berguna untuk melarutkan zat-zat makanan , melancarkan pencernaan makanan dan pengatur suhu tubuh. Selain diperoleh dari air yang kita minum sehari-hari, air juga diperoleh dari makanan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Pada kondisi normal, manusia membutuhkan minimal 2,5 liter air setiap harinya. 
  • Protein.  :protein berasala dari bahasa Yunani yang berarti menempati tempat pertama ,Proteinn sering pula disebut zat putih telur .Makanan yang berprotein berguna untuk pertumbuhan, perkembangan dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Zat pembangun tubuh ini biasa ditemukan pada susu, daging, putih telur, dan kacang-kacangan seperti kedelai.
  • Mineral  :Mineral merupakan zat pengatur tubuh yang diperlukan tubuh hanya dalam jumlah sedikit. Walaupun begitu, tubuh tetap memerlukan mineral dan jika tidak terpenuhi akan berakibat buruk pada kesehatan
  1. Fosfor, untuk pertumbuhan sel-sel dalam tubuh. Terdapat pada ikan, kacang-kacangan, susu, dan keju. 
  2. Fluor, untuk pembentukan tulang dan gigi. Sumber Flour yaitu Susu, kuning telur, ikan laut, dan otak.
  3. Kalsium, membantu pembentukan tulang dan gigi dan terdapat pada sayuran kol, wortel, kacangkacangan, bawang, susu, dan keju. 
  4. Zat besi, membantu kerja otot dan saraf, membentuk sel darah merah,mencegah penyakit kurang darah (anemia). 
  5. Yodium, berguna untuk mencegah penyakit gondok. sumber : Ikan laut, garam beryodium, dan sayuran hijau. Tanda yang paling umum dikenal akibat kekurangan iodium adalah gondok, atau pembengkakan kelenjar tiroid di leher. Kekurangan iodium terutama mempengaruhi perkembangan otak.
  • Vitamin   :Vitamin adalah zat organik yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sangat sedikit ,namun penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh.Vitamin berfungsi sebagai zat pengatur pelindung tubuh, serta mencegah timbulnya penyakit. Namun jika anda kekurangan vitamin atau biasa disebut dengan avitaminosis dapat mengganggu kesehatan seperti sariawan dan radang gusi akibat kekurangan vitamin C, kebutaan (xeropthalmia) akibat kekurangan vitamin A, sel-sel darah merah pecah dan penimbunan lemak pada otot akibat kekurangan vitamin E, beri-beri akibat kekurangan vitamin B, pembekuan darah dan penyembuhan luka lambat akibat kekurangan vitamin K.



No comments:

Post a Comment