google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Letak Dan Luas Wilayah Indonesia

Dilihat dari lintang dan bujurnya, Indonesia terletak pada 6oLU – 11oLS dan 95oBT – 141oBB.

Karena posisi lintangnya rendah, Indonesia jadi memiliki iklim tropis, suhu tinggi, curah hujan konveksi tinggi, pelapukan kimia tinggi, keberagaman flora dan fauna, serta bebas dari topan dan badai.

Karena membujur sepanjang 46o, maka Indonesia terbagi atas tiga wilayah waktu, yakni Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur).

Dilihat dari posisi wilayah di permukaan Bumi, Indonesia terletak di antara dua benua—Asia dan Australia—dan dua samudra—Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Berada di antara dua benua, membuat Indonesia memiliki iklim muson. Saat dilalui angin musim barat dari Asia yang kaya uap air, akan terjadi musim hujan. Saat dilalui angin muson timur dari Australia yang miskin uap air, akan terjadi musim kemarau. 

Indonesia juga tidak memiliki musim dingin, menjadikan semua aktivitas pertanian, peternakan, dan perikanan dapat berlangsung sepanjang tahun.



Indonesia dikelilingi oleh perairan. Selain Samudra Pasifik dan Samudra Hindia yang mengapitnya, ada pula Laut Cina Selatan.

Akibatnya, sangatlah potensial bagi Indonesia untuk mengembangkan aktivitas perikanan, pelayaran, perikanan, hingga pelabuhan.

Berdasarkan susunan batuan pada kulit bumi, Indonesia diapit oleh tiga lempeng. Tidak hanya itu, ada dua sirkum yang melalui Indonesia.

Tiga lempeng yang mengapit Indonesia adalah Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik, dan Lempeng Hindia/Indo-Australia. Karena hal ini, terbentuklah jalur pegunungan lipatan, jalur gunung api, jalur gempa vulkanik dan tektonik, jalur palung laut, aktivitas vulkanik di lempeng benua, sumber gempa dangkal dan dalam, serta tanah yang labil.

Sementara itu, dua sirkum yang melalui Indonesia adalah Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania/Alpen.

Luas Wilayah Indonesia

Berdasarkan informasi dari Badan Informasi Geospasial, luas wilayah Indonesia untuk daratan ialah 1.922.570 km2 dan perairan 3.257.483 km2. Bila ditotal, luas Indonesia wilayah Indonesia adalah 5.180.053 km2
Dengan wilayah berbentuk kepulauan, Indonesia punya lautan yang lebih luas daripada daratan. Maka, Indonesia punya iklim laut yang lembap, kelembapan udara tinggi, amplitudo rendah, dan suhu yang tidak begitu berbeda antara siang dan malam.

Indonesia adalah negara paling luas di Asia Tenggara dengan garis pantai yang paling panjang. Karena itu, tidak heran kalau Indonesia memiliki sumber daya alam yang paling kaya juga di Asia Tenggara, baik itu dari darat maupun laut.

Batas Wilayah Indonesia
Indonesia berbatasan darat dengan Malaysia, Timor Leste, dan Papua Nugini. Secara laut, Indonesia berbatasan dengan laut teritorial Thailand, Malaysia, Singapura, Filipina, Papua Nugini, dan Timor Leste.

Indonesia juga punya batas geologis. Bagian Barat atau Paparan Sunda (Sumatra, Kalimantan, Jawa, Madura, dan Bali) bersatu dengan Asia. Maka, di pulau-pulau tersebut akan ditemukan jenis flora dan fauna Asia. Bagian Tengah atau Wilayah Peralihan (Sulawesi dan Nusa Tenggara) tidak bersatu dengan Asia maupun Australia. Maka, wilayah ini punya jenis flora dan fauna yang lebih khas. Terakhir, Bagian Timur atau Paparan Sahul (Maluku dan Papua) yang bersatu dengan Australia. Maka, fauna di sana pun sama dengan Australia.

BATAS LAUT

Dalam menentukan perbatasan laut biasanya memakai metode penarikan garis dari bagian pantai yang paling rendah ketika surut hingga beberapa mil ke depan. Dalam batas laut ini ada beberapa zona, diantaranya adalah:

Adalah batas laut yang ditarik dari sebuah garis dasar dengan jarak 12 mil (19,3 km) ke luar ke arah laut lepas. Garis dasar yang dimaksud adalah garis yang ditarik pada pantai waktu air laut surut. Laut yang terletak di sebelah dalam garis dasar merupakan laut pedalaman. Di dalam batas laut teritorial ini, Indonesia mempunyai hak kedaulatan sepenuhnya. Negara lain dapat berlayar di wilayah ini atas izin pemerintah Indonesia. Luas laut teritorial Indonesia adalah 282.583 km2.

Merupakan dasar laut yang jika dilihat dari segi geologi maupun geomorfologinya merupakan kelanjutan dari kontinen atau benua. Landas kontinen memiliki kedalaman kurang dari 200 m. Oleh karena itu, wilayah laut dangkal dengan kedalaman 200 m merupakan bagian dari wilayah negara yang berada di kawasan laut tersebut. Batas landas kontinen diukur mulai dari garis dasar pantai ke arah luar dengan jarak paling jauh adalah 200 mil. Luas landas kontinen Indonesia adalah 2.749.001 km2.


ZEE adalah wilayah laut sejauh 200 mil dari pulau terluar saat air surut. Luas ZEE Indonesia adalah 2.936.345 km2. ZEE diumumkan pemerintah Indonesia pada tanggal 21 Maret 1980. Mengenai kegiatan-kegiatan di ZEE Indonesia diatur dalam Undang-Undang No. 5 tahun 1983 pasal 5 tentang ZEE. Pada ZEE, Indonesia memiliki hak untuk:

Melakukan eksplorasi, eksploitasi, pengelolaan dan konservasi sumber daya alam
Berhak melakukan penelitian, perlindungan, dan pelestarian laut
Mengizinkan pelayaran internasional melalui wilayah ini dan memasang berbagai sarana perhubungan laut

No comments:

Post a Comment