google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Organ Pada Hewan

Organ adalah bagian tubuh yang tersusun dari beberapa jenis jaringan yang saling terkait dan terorganisir. Beberapa jaringan tersebut saling terkait membentuk suatu organ dan bekerja sama untuk melaksanakan fungsi tertentu. Kumpulan dari beberapa jenis organ  yang terkait dan bekerja sama melakukan fungsi tertentu membentuk suatu sistem yang di sebut sistem organ. Sistem organ melibatkan beberapa organ tubuh yang fungsinya saling terkait.

Beberapa organ dan sistem organ pada hewan, fungsinya serta organ-organ yang terlibat dalam sistem organ

Organ terbagi menjadi dua yaitu organ dalam dan organ luar.

Sistem organ

Makhluk hidup multiseluler adalah organisme dengan kompleksitas sistem yang tinggi. Pada organisme multiseluler, fungsi-fungsi hidupnya ditopang oleh sistem organ. Sistem organ hewan terdiri atas beberapa organ hewan yang bekerja sama menjalankan suatu proses yang menunjang kehidupan seluruh sistem-sistem organ yang lain.

Sistem Organ pada Hewan


  • Sistem Gerak pada Hewan  ,Sistem gerak juga dikenal dengan sebutan sistem rangka atau sistem otot. Fungsi sistem gerak adalah untuk membentuk tubuh, pelindung organ lunak bagian dalam, tempat melekatnya otot, melindungi organ vital, menentukan posisi tubuh, dan menggerakkan anggota badan. 
  • Sistem Peredaran Darah pada Hewan  ,Sistem peredaran darah berfungsi untuk mengangkut hasil metabolisme, nutrisi,  oksigen, dan karbon dioksida, juga menjaga suhu tubuh. Organ dalam sistem peredaran darah yaitu terdiri dari pembuluh limfa, pembuluh darah vena, arteri, kapiler, dan jantung.
  •  Sistem Limfa atau Kekebalan pada Hewan  ,Sistem limfa dikenal juga sebagai sistem limfatik atau sistem kekebalan tubuh. Sistem limfa berperan untuk menjaga kekebalan tubuh dari infeksi yang menyebabkan datangnya penyakit, seperti infeksi yang disebabkan oleh virus atau bakteri. Terdiri dari sumsum tulang, limfa, pembuluh limfa, nodus limfa, dan kelenjar timus.
  • Sistem Pencernaan pada Hewan  ,Dilihat dari namanya, sistem pencernaan berfungsi untuk mencerna makanan xdan menyerap sari-sari makanan. Jenis organ dalam sistem pencernaan terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung  usus halus, usus besar, hati, pankreas, dan rektrum.
  • Sistem Pernapasan pada Hewan  ,Sistem pernapasan melibatkan lubang hidung, laring, trakea, bronkus dan paru-paru. Sistem pernapasan dikenal juga dengan sebutan sistem respirasi. Sistem pernapasan berfungsi untuk menghirup oksigen dan membuang karbon dioksida. Selain itu sistem pernapasan juga menghasilkan energi ATP.
  • Sistem Ekskresi pada Hewan  ,Sistem ekskresi adalah untuk pengeluaran zat sisa-sisa metabolisme yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh. Jenis organ yang berperan yaitu ginjal dalam pembentukan urine, paru-paru untuk mengeluarkan karbon dioksida, kulit untuk menghasilkan keringat, dan hati yang mengeluarkan empedu untuk mengemulsi lemak.
  • Sistem Hormon (Endokrin) pada Hewan  ,Sistem hormon mempunyai fungsi untuk memproduksi hormon yang berperan dalam aktivitas tubuh, seperti metabolisme, pertumbuhan, dan perkembangan pada hewan. Jadi penyebab hewan tumbuh besar, dan berkembang, disebabkam oleh sistem yang bernama sistem hormon. Sistem hormon terdiri dari kelenjar hipofisis, kelenjar tiroid, kelenjar paratiroid, kelenjar pankreas, kelenjar suprarenalis, kelenjar kelamin.
  • Sistem Saraf pada Hewan  ,Sistem saraf berperan sebagai penerima rangsangan dan pemberi jawaban, pusat keseimbangan koordinasi, dan pengatur gerak refleks. Selain itu, sistem saraf juga bertugas untuk mengatur alat-alat tubuh saat bekerja. Sistem saraf terdiri dari otak, saraf tepi, dan sumsum tulang belakang.
  • Sistem Indra pada Hewan  ,sistem indra merupakan sistem terpenting bagi seluruh makhluk hidup, salah satunya pada hewan. Sistem indra pada hewan berperan untuk menerima rangsangan. Terdiri dari organ-organ luar seperti contohnya mata, telinga, hidung, mulut, dan kulit.
  • Sistem Reproduksi Atau Sistem Perkembangbiakan pada Hewan   ,Sistem reproduksi adalah sistem perkembangbiakan yang melibatkan organ jantan dan betina pada hewan. Organ reproduksinya akan menghasilkan sel kelamin untuk perkembangbiakan, agar terbentuknya generasi baru. Jika sistem reproduksi tidak terjadi, maka tidak akan ada generasi pelanjut bagi para makhluk hidup, salah satunya yaitu hewan.




No comments:

Post a Comment