google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Cintai dan Rawat Mata kita

kamu termasuk yang seharian kegiatannya antara komputer, tab, hp atau pun televisi kah ?wah apa tidak keluhan dimatamu misalnya gatel lah , pedih atau lainnya .
Kamu masih muda jagalah matamu , selalu konsumsi makanan yang baik untuk mata kita .

kita lupa kalau kebiasaan sepele seperti lupa memakai kacamata hitam saat matahari sedang terik juga bisa merusak mata.Sekarang Lebih lanjut soal kebiasaan apa saja yang mampu sebabkan kerusakan mata ini diantaranya :

1. Lalai periksa mata secara rutin

Manfaat periksa mata rutin lainnya adalah sebagai upaya pencegahan. Banyak sekali penyakit mata berbahaya yang bisa dideteksi dini, sebelum itu menggerogoti daya lihat. Jika Anda sudah lama tidak periksa mata, maka inilah saat yang tepat untuk mulai melakukannya.

2. Menatap komputer terlalu lama

Pertama-tama ketahuilah kalau aksi menatap ke layar tidaklah menyebabkan kerusakan mata seperti yang kita pikir selama ini. Yang jadi masalah adalah kalau kita terlalu lama melakukannya. Faktanya, saat menatap layar komputer (maupun gadget), mata jarang berkedip sehingga menjadi kering. Untuk itu, jadwalkan waktu break rutin saat bekerja sehingga mata bisa beristirahat.

3. Berpanas-panas ria tanpa perlindungan

Sama seperti kulit, mata tetap perlu perlindungan dari paparan sinar UV yang jahat. Salah satu gangguan mata yakni fotokeratitis tak hanya memicu sakit mata, namun juga pandangan kabur hingga buta sementara. Hasil studi tahun 2014 lalu juga mendapati mereka yang sering berpanas-panas ria di bawah matahari sepanjang hidupnya lebih rentan terkena katarak dan degenerasi makula terkait usia.

4. Merokok

Kebanyakan orang tahunya rokok itu bisa menyebabkan kanker dan jantung. Hanya sedikit saja yang paham kalau rokok erat kaitannya dengan kerusakan mata. Salah satu efek rokok yang tak dapat diputarbalikkan adalah degenerasi makula. Selain itu, batang berasap ini juga meningkatkan risiko katarak, kerusakan pembuluh darah, dan uveitis.

5. Tetap pakai lensa kontak saat tidur malam

Memang tidak enak kalau harus tidur dan terbangun dengan pandangan kabur. Namun ini lebih sehat ketimbang memakai lensa kontak semalam-malaman. Memakai lensa kontak selagi tidur membuat mata kekurangan pasokan oksigen, dan ini dapat memicu infeksi

6. Salah pilih obat tetes

Meski kebanyakan obat tetes didesain mirip air mata, namun tak berarti kalau Anda boleh menatap komputer atau membaca terus-menerus tanpa henti. Alasannya karena tak semua produk itu sama dan boleh dipakai sembarangan.

7. Lalai memilih makanan

Banyak yang salah memilih makanan sehari-hari sehingga lalai dengan makanan sehat. Kebiasaan makan-makanan fastfood, makanan instan, softdrink, dapat menjadi pemicu kerusakan pada mata. Mata yang kekurangan nutrisi dari makanan sehat bisa mengalami kerusakan secara permanen.

No comments:

Post a Comment