google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Ancaman Saat Kita Menjelajah Internet

Apa saja ancaman potensial di Internet ??????????

  • Spam : Email sampah yang kerap datang bertubi - tubi ke mailbox kita tanpa kita kehendaki .Bentuk spam yang sering ditemui secara umum diantaranya adalah spam pada surat elektronik (e-mail), spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam pesan instan, spam Usenet newsgroup, spam blog, spam iklan baris daring, serta spam pada jejaring sosial.
    Istilah Spam akhirnya berkembang, seperti penyebutan Spammer, yakni sebuah sebutan bagi orang yang bertindak melakukan Spam. Kemudian aktivitas dari Spammer juga dikenal dengan istilah spamming. Jadi bagi Anda yang pernah melakukan pengiriman pesan massal lewat fasilitas internet dipastikan Anda termasuk Spammer.
  • Malware : sebuah program berisi kode berbahaya termasuk diantaranya virus , warm dan trojan .Malware juga biasa didefinisikan sebagai kode berbahaya. Software ini bisa melumpuhkan atau mengganggu operasi sebuah sistem, memungkinkan hacker untuk mendapat akses ke informasi rahasia dan sensitif serta memata-matai komputer serta pemilik komputer itu sendiri.Malware dibuat secara khusus agar tersembunyi sehingga mereka bisa tetap berada di dalam sebuah sistem untuk periode waktu tertentu tanpa sepengetahuan pemilik sistem tersebut. Biasanya, mereka menyamarkan diri menjadi program yang bersih. Efek dari malicious software biasa jauh lebih berbahaya bagi corporates dibanding untuk personal user. Jika malware menyerang jaringan sistem Anda, mereka bisa menyebabkan kerusakan dan gangguan yang meluas, yang memerlukan upaya pemulihan ekstensif di dalam organisasi.Malware dapat menginfeksi komputer dengan masuk melalui email, hasil download internet, dan program-program yang sudah terinfeksi.
  • Spyware : adalah sebuah program jahat yang bersembunyi di dalam komputer .Sering juga spyware (keylogger) sengaja dipasang oleh suatu perusahaan guna memantau karyawannya dalam penggunaan komputer. Atau ada juga "spyware" yang dipasang sepengetahuan user dengan persetujuan tertentu, yang seperti ini tidak disebut sebagai spyware.
  • phishing :Phising adalah suatu metode yang di gunakan hacker untuk mencuri password dengan cara mengelabui target menggunakan fake form login pada situs palsu yang menyerupai situs aslinya.Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing alias memancing, dalam hal ini maksudnya adalah memancing informasi dan kata sandi pengguna (wikipedia). Penulisan dalam bahasa inggris menggunakan kata phishing tapi orang indonesia sering salah menulis menjadi phising. pada artikel ini maksud keduanya adalah sama.Phisher adala pelaku dari phishing. Phisher kadang dapat menggunakan email,banner atau popup window untuk menipu user ke suatu situs web palsu, dimana disana user diminta untuk memberikan informasi pribadinya.Target phishing adalah kecerobohan dan ketidaktelitian para pengguna jasa situs-situs jual-beli online, internet banking, online shopping dan sejenisnya yang melibatkan transaksi secara online melalui situs internet atau layanan telepon selular.

No comments:

Post a Comment