google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Cara membuat Google Classroom Untuk Media Pembelajaran

Pada waktu lalu kita sudah membahas tentang Manfaat Google Classroom bagi seorang Guru dan siswa ( artikel dapat dilihat disini). Saat ini akan kita bahas bagaimana cara membuat Google Classroom tersebut. Langsung saja kita membuat Google Classroom. (NB. Agar gambar jelas, silahkan klik gambar untuk memperbesar).

  1. Hal yang pertama, kita buka terlebih dahulu email kita ( WAJIB dengan account Gmail.com), setelah itu di halaman sebelahnya kita buka kembali URL atau LINK https://classroom.google.com langsung enter, akan tampil gambar berikut:
    setelah tampil gambar di atas, silahkan klik " LANJUTKAN"
  2. Setelah proses pertama selesai akan tampil tampilan gambar di bawah dan tahapan selanjutnya
    Klik tanda TAMBAH ( + ) pada sudut kanan layar.
  3. Setelah proses tahap ke 2 akan ada 2 pilihan, yaitu " Gabung dengan kelas" dan " Buat Kelas", maka pilihlah " Buat Kelas".( Lihat Gambar di bawah)
  4. Selanjutnya akan tampil dialog yang mewajibkan kita mencontreng dialog tersebut dan langsung klik " Lanjutkan"
  5. Selanjutnya Kita akan di sajikan tampilan dialog pengisian data kelas, di sini diisi yang wajib yaitu data kelas. Isilah dengan Mata pelajaran yang kita ingin jadikan Pembelajaran. ( seperti gambar di bawah )
  6. Setelah proses no 5 selesai, akan tampil dialog yang mewajibkan kita mengklik tanda silang atau ok.
  7. Setelah tahap no 6 selesai, maka kita akan disajikan ruang kerja atau tampilan kerja untuk menginput data materi atau media kita sebagai sumber belajar.
    Di gambar tahap 7 ini kita bagi menjadi 4 bagian, yaitu: (1) Mengenai Tema( tampilan ruang kerja), Memilih tema/tampilan yang akan kita sesuaikan dengan materi kita. (2) Mengenai Materi apa saja yang telah kita isi di dalam 1 account email kita yang telah kita daftarkan di google classroom. (3)Yaitu mengenai Seluruh materi/media yang telah kita upload( bisa dokumen, video atau link youtube.com yang menjadi media kita dalam memberikan materi. disamping itu ada juga berisi mengundang siswa dengan memasukkan alamat gmail mereka kedalam materi pelajaran kita. (4)Berisikan profil, dan menambah materi baru jika kita mengampuh lebih dari 1 matapelajaran. Hal ini semua akan dibahas dipenjelasan dibawah ini.
  8. Setelah kita mengetahui fungsi dari icon di gambar bagian 7, maka pertama klik bagian "Tentang" yang terdapat pada sebelah kanan layar. Setelah diklik akan tampil dialog Penjelasan Materi yang kita buat diawal tadi, yaitu berupa " KODE" yang nantinya akan diberikan kepada murid/siswa kita jika mereka login ke google classroom.( tampilan di bawah ini).
  9. Selanjutnya, kita kembali ke tahap 8, yaitu memilih "Pilih Tema". Hal ini untuk merubah tampilan tema kita/tampilan kita, dari tampilan standar ke tema/tampilan yang sesuai dengan materi yang akan kita buatkan media pembelajaran. Perubahan dapat dilihat dari gambar tahap 7 ke tahap dibawah ini.


  10. Kita selanjutnya ke bagian 3, yaitu tentang "Aliran", "Tugas Kelas" dan "Orang". Bagian ini yang paling utama, yaitu bagian dimana kita membuat Tugas, yaitu pada "Tugas Kelas". Pada tampilan ini akan disajikan dialog " Membuat Tugas", silahkan kilk tanda X atau ok. Setelah itu Silahkan klik tanda  "+Buat", selanjutnya akan timbul 5 bagian, saat ini kita hanya mengklik "Materi". ( bagian lain akan dibahas nanti).





  11. Pada tahap ini ( setelah tahap 10) kita harus mengisi data-data materi yang akan kita isi, boleh Judul tahapan materi, boleh Bagian bab yang akan kita berikan materi secara online. Pada gambar klip kertas, itu merupakan file yang akan kita upload sebagai materi, bisa berupa file jenis dokumen, power point, exel, video, alamat link, bahkan url link dari youtube. Setelah di pilih dan diupload maka akan timbul dialog "Posting". Sebelumnya kita isi judul dari materi tersebut. Begitu selanjutnya jika kita menambah materi-materi yang lain.

  12. Setelah materi diisi seluruhnya (sesuai kebutuhan, untuk kali ini  saya lampirkan materi Agama Islam hingga pertemuan ke 7) kita akan membuat materi yang bersumber dari URL Yotube. Caranya: kita kembali ke tahap 11 gambar pertama, di dalam dialog terdapat gambar Logo YOUTUBE, silahkan di klik dan dimasukkan alamat link video yang kita sudah pilih dari youtube lalu di paste ke dalam kota kecil di dialog, pilih cari dan pilih video, isi judul dan tambahkan. Tampilannya akan seperti gambar di bawah.
  13. Tahap ini kita ingin menambahkan tugas/ kuis yang ditugaskan kepada siswa/mahasiswa. Tahapannya yaitu: Silahkan lakukan seperti tahap 10, kemudian pilihlah "Tugas Kuis" Kemudian akan tampil dialog pada layar kita seperti gambar pertama di bawah ini. Silahkan isi Judul dan petunjuk, kemudian silahkan isi apakah ada batas waktu: hari, tanggal dan jam. Setelah itu klik lah tulisan "Blank Quis" dan anda akan dialihkan ke layar baru yang berisi berupa halaman Google Formulir, untuk meng edit, silahkan klik tanda pinsil yang terletak pada sudut kanan layar. Setelah itu silahkan anda isi sesuai jenis dari pertanyaan/ Quis yang akan anda buat, untuk mengedit Google Form silahkan lihat link berikut INI. << klik ini atau Untuk cara mengedit google form silahkan kunjungi link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=-tyqRrk0yYQ

  14. Setelah tahap mengisi Google Formulir selesai, silahkan kembali ke tahap 13 gambar 1, dan klik " Tugaskan". Akan tampil seluruh materi ( termasuk UTS ) yang akan tampil. ( Silahkan google form di tutup). Akan tampil seluruh Materi dan tugas yang kita input dan upload.
  15. Sekarang kita membahas Tahap 3 yang "Orang" ( silahkan lihat gambar tahap 7). Pada tahap ini kita disajikan tampilan dialog "Guru" dan "Siswa". Untuk "Guru" kita menambah guru lain untuk masuk dan share materi ini dengan cara memasukkan alamat gmail si guru. Sedangkan "Siswa" kita memasukkan siswa/mahasiswa kita yan gikut pada materi kuliah yang ada pada kelas kita. Caranya yaitu mengklik gambar +orang, akan tampil dialog "Undang Siswa", silahkan tambahkan alamat email gmail siswa diakhir dengan tanda"KOMA" (,) kemudian setelah email dimasukkan semua baru klik "Undang".




     Untuk siswa yang telah kita undang, intruksikan kepada siswa/mahasiswa untuk membuka email yang telah di daftarkan tadi dan membuka serta mengklik "Gabung" pada email mereka. (Perhatikan gambar di bawah)


  16. Untuk mengundang siswa seluruhnya atau memilih-milih siswa untuk kita undang, silahkan kita contren pada bagian nama yang kita inginkan.
Demikian Penjelasan singkat sebagai dasar pembuatan Google Classroom, perlu dicatat dalam kegiatan Pembuatan Google Classroom:
  1. Untuk Membuatan Google Classroom dengan menggunakan email berbasis domain sekolah atau kampus, hal yang menjadi kekurangan yaitu, setiap siswa/mahasiswa wajib memiliki email dengan basis domain, apabila dengan email gmail.com, yahoo, akan ditolak ( tidak bisa ), berlaku juga sebaliknya.
  2. Google Classroom merupakan forum, seperti forum kaskus yang saling berinteraksi di forum dan sesuai pembahasan. Google Classroom merupakan gambaran kelas yang bersifat ONLINE dari google.
  3. Untuk lebih sempurna, hendaknya kampus, sekolah memiliki elearning ( seperti yang admin kelola http://elearningiainsu.com/ ) agar lebih sempurna, tidak free, Kenapa? Lah..taulah kalau free kan tidak total...


No comments:

Post a Comment