google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html

Menjaga Matamu Tetap Sehat Didepan Komputer

Komputer , seberapa sering dan lamanya kamu pakai komputer.Kadang komputer dipakai untuk ngerjakan tugas, main game dan lain - lainnya .

Jaman sekarang, setiap hari, kita semakin tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone atau komputer, baik desktop ataupun laptop, untuk menjalani aktivitas kita sehari-hari.
Mata lelah atau ketegangan mata akibat terlalu lama di depan komputer umum terjadi. Gejala umum mata lelah biasanya berupa kelelahan, gatal-gatal, dan mata terasa panas. 

Gejala mata lelah


Secara umum gejala mata lelah, yaitu:
  • Mata iritasi atau tegang
  • Sulit untuk fokus
  • Mata kering atau basah
  • Penglihatan ganda atau kabur
  • Meningkatnya sensitivitas terhadap cahaya
  • Nyeri di leher, pundak, atau punggung

1. Gunakan Pencahayaan yang Tepat

Ketegangan mata sering disebabkan oleh cahaya terang berlebihan baik dari sinar matahari di luar ruangan yang masuk melalui jendela atau dari pencahayaan dalam ruangan yang terlalu kuat.  

2. Upgrade Monitor Anda

Layar LCD lebih baik bagi mata dan biasanya memiliki permukaan anti-reflektif. Layar monitor tabung ( CRT) kuno dapat menyebabkan  "flicker" gambar, yang merupakan penyebab utama ketegangan mata komputer.  

3. Sesuaikan Pengaturan Tampilan Komputer Anda.

Menyesuaikan pengaturan tampilan komputer Anda dapat membantu mengurangi ketegangan mata dan kelelahan.

4. Berkedip Lebih Sering.

 Menurut studi, ketika bekerja di depan komputer, orang akan  kurang berkedip.  Padahal berkedip sangat penting ketika bekerja di depan komputer; berkedip membasahi mata Anda untuk mencegah kekeringan pada mata dan iritasi. 

5. Olahraga Mata

Penyebab lain dari ketegangan mata adalah terlalu lama melihat focus pada satu titik. Untuk mengurangi risiko ini, Anda dapat mencoba trik 20-20-20.  Caranya, saat Anda terfokus di depan komputer, jauhkan pandangan setiap 20 menit sekali dan tatap sebuah objek yang jauh (setidaknya 20 kaki = 6 meter ) minimal selama 20 detik.

6. Pertimbangkan Kacamata Khusus Komputer (Office Lens).

Untuk kenyamanan terbesar di komputer Anda, Anda bisa meminta bantuan refraksionist optisien di optic langganan Anda untuk membutkan resep kacamata khusus untuk pemakaian computer.

No comments:

Post a Comment