google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Kamu Dan Masa Puber mu

Masa Puber ,kamu udah melewati masa itu karena udah dewasa atau bahkan kamu baru memasuki masa itu?? sebenarnya klo masa puber ikut bisa kita ketahui dari umur kita,tapi kalau sifat dewasa seseorang tidak bisa diukur dari usianya. Ada juga loh orang yang secara usia udah menginjak masa dewasa tapi kelakuannya masih kayak anak - anak ,kamu tidak gitu kan ??? hehehe 

Masa pubertas disebut juga akil balig. Pada masa ini telah tercapai kematangan seksual yaitu sistem reproduksi telah mampu membuat sel-sel kelamin (gamet). Hal ini dipengaruhi oleh produksi hormon kelamin dan kelenjar hipofisis. Secara biologis, kamu telah siap untuk bereproduksi, namun belum tentu demikian bila ditinjau secara segi psikis, sosial, ekonomi, dan lain-lain. Tingkat perkembangan pada setiap orang berbeda-beda, yang dipengaruhi oleh faktor keturunan, produksi hormon, konsumsi makanan, dan penyakit.

Pubertas secara Fisik
Pubertas secara fisik terjadi secara primer dan sekunder. Pubertas secara primer yaitu perubahan dalam tubuh meliputi perubahan hormon dan organ kelamin sedangkan pubertas secara sekunder ditandai dengan perubahan yang tampak dari luar.

Pubertas inilah yang menandakan seseorang sudah dikatakan dewasa. Masa pubertas seseorang tidak sama, ada yang terlalu cepat/ dini ada juga yang lambat. Beberapa faktor diungkapkan mempengaruhi masa pubertas yaitu kurang gizi, pengaruh lingkungan, kondisi medis tertentu, dan lainnya.

Lingkungan juga berperan aktif terhadap perkembangan remaja. Lingkungan mampu mempengaruhi pubertas dini atau yang belum saatnya. paparan terhadap hal- hal yang bersifat dewasa akan menyebabkan pubertas dini. Perbedaan ras dan keturunan juga dilaporkan mempengaruhi masa pubertas seseorang.

No comments:

Post a Comment