google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Kulit Remaja Kamu

Usia remaja adalah fase di mana remaja sedang bertumbuh dan mencari jati diri. Biasanya pada usia remaja, mereka akan mulai merawat diri baik dari segi tubuh, kulit, dan rambut. Hal itulah yang menyebabkan banyak remaja yang mulai mencoba-coba berbagai produk kecantikan, mulai dari pelembab, pencuci wajah, masker wajah, dan lain-lain. 

Kulit adalah organ yang paling luas, terdiri dari dua lapisan utama yaitu epidermis dan dermis. Dalam lapisan epidermis terkandung melanosit, yaitu pigmen untuk mewarnai kulit. Lapisan epidermis akan terus berdegenerasi untuk menggantikan sel sel kulit mati. Sedangkan lapisan dermis mengandung kelenjar minyak, kelenjar keringat, saraf, pembuluh darah, dan lain lain. Jenis kulit pada umumnya dibedakan menjadi kulit normal, berminyak, kering, kombinasi, maupun kulit sensitif. Jenis kulit dapat berubah seiring bertambahnya usia, adanya penyakit yang diderita, kondisi lingkungan, dan lain lain. Perbedaan jenis kulit tersebut terntu mempengaruhi bagaimana cara perawatan yang sesuai sehingga menghasilkan kulit yang sehat. Untuk pemilik kulit normal, dapat digunakan pelembab dengan bahan dasar air yang ringan dan tidak terasa lengket. Untuk kulit kering yang umumnya mudah mengalami keriput dan terbakar sinar matahari, dapat dicoba perawatan dengan pelembab berbahan dasar minyak dan mengandung 'sun protector' / sunblock setidaknya dua kali sehari. Untuk kulit kering juga sebaiknya hindari jenis sabun wajah mengandung alkohol karena membuat kulit mudah iritasi dan lebih kering. Mencuci wajah juga cukup dua kali sehari dengan air dingin, karena terlalu sering justru membuat kulit lebih kering dan mudah mengelupas. Sebaliknya untuk kulit berminyak, lebih baik memilih produk wajah berbahan dasar air dan gunakan pembersih wajah yang mengandung 'beta hydroxy acid' (BHA) untuk mencegah penumpukan minyak di pori pori. Untuk jenis kulit sensitif, tentu lebih baik menghindari produk kulit yang mengandung bahan parfum atau beraroma karena dapat menyebabkan iritasi. Sebaiknya gunakan produk hipoalergen atau berbahan dasar alami.


Mengonsumsi Air Putih

Langkah perawatan wajah alami untuk remaja berikutnya adalah mengonsumsi air putih dengan cukup. Air putih sangat penting perannya dalam pertumbuhan tubuh Anda yang masih remaja. Air putih dapat bermanfaat sekali untuk kelancaran sistem di dalam tubuh Anda, termasuk metabolisme tubuh. Selain itu, air putih pun dapat menutrisi kulit Anda yang terdiri dari sel. Sel-sel pada kulit Anda pun membutuhkan air supaya dapat tumbuh dengan baik. Air putih pun dapat menjamin kulit Anda terhidrasi dengan baik dan melembabkan kulit secara alami. Air putih juga dapat mencerahkan serta meningkatkan elastisitas pada kulit Anda.

Gunakan Masker Wajah

Masker wajah yang memiliki kandungan vitamin serta mineral yang sangat baik untuk kulit adalah langkah berikutnya untuk merawat kulit Anda yang masih remaja. Anda tak perlu membeli produk masker wajah yang berharga mahal, karena Anda dapat membuat masker wajah sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan alami. Ada banyak sekali bahan alami yang dapat Anda manfaatkan, mulai dari tepung beras, kunyit, mentimun, jeruk nipis, alpukat, telur, dan lain-lain. Kini Anda pun sudah dapat melihat berbagai resep masker wajah di internet.

Bersihkan Wajah Sebelum Tidur

Langkah perawatan yang terakhir adalah membersihkan wajah Anda sebelum pergi tidur. Langkah ini merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan, karena tidur adalah saat di mana kulit melakukan regenerasi sel paling besar selama sehari. Akan sangat rugi jika Anda tidur dengan kondisi wajah yang kotor, karena proses regenerasi sel kulit wajah dapat menjadi terhambat. Terutama jika Anda sudah mencoba-coba menggunakan make up, pastikan bahwa Anda sudah membersihkan wajah Anda dari make up sebelum pergi tidur. Gunakan milk cleanser dan toner jika diperlukan.

No comments:

Post a Comment