google-site-verification: google8b0c72b5c7533948.html 3c5d26825b916c5966857d3cf5202d49e2f91f2938a0f2f168

Proses Pencernaan Pada manusia

Sistem pencernaan pada manusia merupakan serangkaian proses untuk mengubah makanan dengan memecah molekul makanan yang kompleks menjadi sederhana dengan bantuan enzim dan menyerap sari makanan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Terdapat beberapa organ yang bekerja untuk sistem pencernaan pada manusia diantaranya, rongga mulut, kerongkongan, lambung, pankreas, hati, usus, dan anus. Dalam rongga mulut terdapat gigi, lidah, dan kelenjar ludah yang membantu manusia mengunyah makanan menjadi lembut sehingga dapat ditelan. 

Hubungan makanan dengan kesehatan . makanan yang dimakan akan mempengaruhi sistem pencernaan .Tidak semua makanan berdampak bagus bagi pencernaan . oleh sebab itu dibutuhkan sumber makanan yang bergizi dan seimbang .Di dalam tubuh manusia ada makanan yang mudah dicerna dan ada makanan yang tidak mudah dicerna oleh tubuh . Makanan yang mudah dicerna antara lain :nasi dan rot. Makanan yang sulit dicerna berasal dari tumbuh - tumbuhan yang banyak mengandung serat .Namun ,makanan berserat banyak menyerap air di dlam tubuh sehingga membantu proses pencernaan .

 Proses pencernaan makanan pada manusia memerlukan waktu yang berbeda-beda, tergantung masing-masing individu dan jenis makanan yang dimakan. Waktu pencernaan dapat berkisar dari 24 hingga 50 jam, Makanan yang banyak mengandung lemak dan serat akan dicerna lebih lama di dalam tubuh. Pencernaan makanan terjadi secara mekanik dan enzimatis untuk memecah makanan menjadi molekul penyusunnya sehingga dapat diserap oleh tubuh.


Komponen penyusun bahan makanan dapat dibedakan menjadi karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Karbohidrat, protein, dan lemak diperlukan dalam jumlah yang relatif besar, sedangkan vitamin dan mineral dibutuhkan dalam jumlah kecil. Selain komponen di atas, air juga sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai bahan pelarut yang sangat penting dalam sistem kehidupan.

No comments:

Post a Comment